Pentingnya Sertifikasi Halal, Musta’in Aktif Lakukan Berkampanye ‘Wajib Halal Oktober 2024’

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Jawa Tengah, Musta’in Ahmad saat Kampanye Wajib Halal Oktober 2024 di Masjid Sheikh Zayed, Jumat (15/3/2024). (foto kemenag)

SIGIJAENG.ID –  Kemenag terus melakukan Kampanye Wajib Halal Oktober 2024 yang digelar Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Sejauh ini, Kementerian Agama sukses menjaring ribuan pelaku usaha untuk mendaftar sertifikasi halal secara langsung (on the spot).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Jawa Tengah, Musta’in Ahmad juga terjun langsung ikut melakukan Kampanye Wajib Halal Oktober 2024.

Seperti pada kegiatan berlangsung di beberapa tempat di Kota Solo, diantaranya Masjid Sheikh Zayed, Jumat (15/3/2024). Usai Sholat Jum’at Musta’in Ahmad, juga Kampanye Wajib Halal Oktober 2024.

Menurut Musta’in kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pemberlakuan aturan wajib sertifikasi halal.

Dikatakan Musta’in, kampanye WHO ini adalah untuk memfasilitasi para pelaku usaha agar bisa berkonsultasi sekaligus mendaftarkan produk jualannya guna mendapat sertifikat halal secara gratis.

“Kita tidak hanya memberikan regulasinya tetapi kita juga memberikan afirmasinya agar pelaku usaha grup kecil itu mereka bisa mengikuti regulasinya,” ucapnya.

Sementara itu, bagi pelaku usaha yang telah memiliki sertifikat halal, ia menjelaskan akan membentuk tim pengawas produk halal guna memonitoring para pelaku usaha secara berkelanjutan.

“Kalau tidak sempat mendaftarkan sertifikat halal pada acara sosialisasi ini, para pelaku usaha bisa mendatangi Kantor Urusan Agama (KUA) terdekat,” katanya

Menurutnya sertifikasi halal sangat penting untuk melindungi para pelaku usaha baik mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari banyaknya produk luar negeri yang masuk dan sudah bersertifikasi halal.

Selain itu, jika pelaku usaha tidak memiliki sertifikat halal hingga Oktober 2024 mendatang, maka akan ada konsekuensi yang akan diterima salah satunya pencabutan produk dari pasaran. (aris)

Berita terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini