Pengurus FKUB Jateng 2024-2029 Dikukuhkan, Nana Sudjana Minta Terus Jaga Iklim Kondusif dan Damai di Jawa Tengah

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana melatik pengurus FKUB Jateng periode 2024-2029, Senin (24/6/2024). ( foto humas pemprov jateng)

SEMARANG (sigijateng.id) – Pj Gubernur Jateng, Nana Sudajana mengukuhkan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah periode 2024-2029, di Gedung B Lantai 5, Kompleks Kantor Gubernur, Senin, 24 Juni 2024.

“Baru saja kami melakukan pengukuhan pengurus FKUB. Ada 21 orang pengurus periode 2024-2029,” kata Nana disela pengukuhan.

Nana menjelaskan, FKUB ini merupakan gabungan dari kelompok-kelompok agama yang berbeda. Namun demikian, mereka memiliki tujuan yang yang sama, yakni menjadikan seluruh masyarakat dapat melaksanakan kegiatan keagamaannya dengan baik.

Susunan Pengurus FKUB Jateng 2024-2029 yang dilaantik PJ Gubenur Jateng Nana Sudjana, Snein (24/6/2024).

Dengan begitu, FKUB Jateng diharapkan mampu menjembatani dialog antar umat beragama di wilayahnya. Baik yang dilakukan oleh para tokoh-tokohnya maupun masyarakat.

“Intinya adalah saling menghormati dan menghargai antarumat beragama,” kata Nana.

Nana juga berharap, kepengurusan yang baru ini lebih kompak, solid, dan terus menjaga sinergi dengan instansi lainnya. Iklim Jawa Tengah yang kondusif dan damai harus terus dijaga.

“Kita harapkan ada peningkatan dalam hal menjaga, memelihara, dan meningkatkan kerukunan antarumat beragama,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Nana juga meminta kapada FKUB Jateng untuk ikut serta dalam mewujudkan pilkada damai di Jawa Tengah.

Sebab, tahun ini akan diselenggarakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota secara serentak. Oleh karenenya, sinergi FKUB dengan pemerintah daerah, KPU, Bawaslu, TNI, Polri, dan organisasi kemasyarakatan lainnya sangat dibutuhkan.

“Kita berharap pada peran FKUB untuk lebih meningkatkan perannya terkait masalah SARA yang kadang diangkat oleh kelompok tertentu, sehingga berpotensi menjadi konflik horisontal,” tegas Nana.

Sementara itu, Ketua FKUB Jateng,  Imam Yahya mengatakan, organisasinya memiliki posisi strategis untuk bersama-sama memajukan Jawa Tengah yang damai.

Ada beberapa program yang disiapkan untuk menciptkan situasi itu,  antara lain dialog antarumat beragama, kegiatan inklusif yang diikuti oleh semua warga, serta meningkatkan jejaring dan kerja sama dengan organisasi sosial kemasyarakatan lainnya.

“Selain itu juga sosialisasi pentingnya toleransi di tengah masyarakat dan antarumat beragama,” katanya.

Setali tiga uang, Imam juga sependapat bahwa potensi konflik SARA memang harus dicegah. Sebab konflik ini jika tidak ditangani sejak dini akan berdampak sangat besar.

“Melalui FKUB ini diharapkan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan antarumat beragama bisa tetap tenang, sehingga pilkada ini justru bisa menjadi perekat antarumat di Jawa Tengah,” katanya.

Berikut Susunan Pengurus FKUB Provinsi Jateng Periode 2024-2029:

1. Ketua: Imam Yahya (Islam)

2. Wakil Ketua: Zakiyuddin Baidhawi (Islam), Yosua Wardaya (Kristen)

3. Sekretaris: Multazam Ahmad (Islam)

4, Wakil Sekretaris: I Dewa Made Artayasa (Hindu)

5. Anggota: Umul Baroroh (Islam), Mufid Rahmat (Islam), Mohammad Fahsin (Islam), Isdiyanto Isman (Islam), Sarjuni (Islam), Syamsul Huda (Islam), Andi Purwono (Islam), Zuhar Mahsun (Islam), Heru Purwanto (Kristen), Marcia Hiariej (Kristen), Antony Dedy Septiadi (Katholik), Krista Yustina Susilawati (Katholik), Tri Wahono (Hindu), Tanto Soegito Harsono (Budha), Eka Windhiarto (Budha), Andi Gunawan (Konghucu). (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini