Ngatemi Alwi Jemaah Haji Tertua Se-Jateng, Berusia 99 Tahun, Masih Fit, Bugar dan Tidak Pikun

Ngatemi Alwi menjadi jemaah Haji Tertua Se-Jateng tahun 2024. ( foto kemenag jateng)

SIGIJATENG.Id – Inilah sosok jemaag haji tertua se Jateng tahun 1445 H/ 2024 M. Dia Bernama Ngatemi Alwi, jemaah haji asal Desa Cepogo, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara. Kini usainya sudah 90 tahun.

Meski sudah hampir 1 abad Mbah Ngatemi Alwi masih bugar, fit, tidak pikun, matanya juga bagus. Wajahnya tampak ceria dan senang diajak bercanda.

Ngatemi lahir pada 1 Juli 1925 . Dia tergabung di kloter 73 Embarkasi Solo (SOC-73). Dia di dampingi oleh putrinya Mariyatun..

Walaupun usianya sudah mencapai 99 tahun per 1 Juli 2024 nanti, panca indera Ngatemi masih baik. Daya ingatnya pun masih bagus. Bahkan ia bisa bercerita bagaimana zaman penjajah Jepang dulu. “Saya dulu sering terkena hantaman oleh orang Jepang,” kenang Ngatemi dilansir dari jateng.kemanag.go.id.

Menurut keterangan Mariyatun, ibunya memiliki 2 orang putri dan lima cucu. Salah satu anaknua adalah dirinya.

Dikatakan Mariyatun, ibunya Ngatemi masih bisa beraktivitas sehari-hari dan jarang sakit. “Beliau masih jalan-jalan, tidak pakai kursi roda dan biasa nyapu di rumah. Sakit juga jarang, beliau itu luar biasa,” kata Mariyatun.

Ditanya apa resep sehatnya? Mariyatun mengatakan, ibunya itu tidak suka makan gorengan. “Beliau selalu makan rebus-rebusan,” kata Mariyatun.

Selain itu, Ngatemi juga memiliki kebiasan nyirih ata nginang. “Sudah sejak muda Ibuk suka nginang. Di rumah nanam sendiri. Ini saja bawa daun sirih untuk dibawa haji,” kata Mariyatun sambal menunjukkan sebungkus plastik berisi daun sirih untuk dibawa selama berhaji.

Yang patut dicontoh dari Ngatemi adalah, beliau tak pernah meninggalkan salat lima waktu. “Ibuk tidak pernah absen salat. Tanpa diingatkan, beliau selalu menunaikan salat lima waktu,” kata Mariyatun.

Mariyatun berharap, semoga ibunya diberikan kelancaran dan kesehatan untuk menunaikan ibadah haji dan pulang menjadi haji yang mabrur. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini