MAJT Gelar Kegiatan I’tikaf Malam Likuran Ganjil Ramadan, Disediakan Makan Sahur Gratis untuk Jemaah

Acara peringatan Nuzulul Qur’an di MAJT Semarang, Jum’at 29 Maret 2024. ( foto dok majt)

SEMARANG (sigijateng.id)- Serangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Ramadan telah digelar oleh Masjid Agung Jawa Tengah diantaranya peringatan Nuzulul Qur’an, Jum’at 29 Maret 2024.

Kegiatan dilaksanakan sore hari jelang buka puasa dihadiri ratusan pengunjung dari beberapa wilayah di Jawa Tengah dan Kota Semarang.

Kegiatan diawali dengan penampilan musik Islami dari SMPN 15 Semarang yang menampilkan perpaduan musik rebana dan musik tradisional.

Sekretaris Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah Drs. KH. Muhyiddin, M.Ag menyampaikan acara ini bersinergi dengan berbagai pihak yang telah bekerjasama. Dia juga menyampaikan terikamaksih kepada seluruh Jamaah MAJT yang setiap hari hadir memeriahkan acara Ramadhan di MAJT

“Terimkasih kami sampaikan kepada para jamaah yang telah setia selalu datang ke MAJT, juga kepada para pihak yang turut bekerjasama dalam kegiatan ini,” katanya.

Dia menambahkan masih banyak kegiatan Ramadan yang dilaksanakan di Masjid Agung Jawa Tengah. Yakni kegiatan I’tikaf malam likuran ganjil yang akan dilaksanakan tanggal  1 April atau malem 21 Ramadan (Malem Senin), tanggal 3 April atau malem 23 (Malam Rabu), tanggal 5 April atau malam 25 April (Malam Jumat), tanggal 7 atau malam 27 (malam Ahad) dan tanggal 9 April atau malam 29 (malam Selasa).

“Maka kepada para jamaah silahkan datang ke MAJT. Pada tanggal-tanggal malam ganjil juga akan disediakan makan sahur,” imbuhnya.

Acara peringatan Nuzulul Qur’an, Jum’at 29 Maret 2024 juga dihadiri Pj Bupati Kudus Dr M Hasan Chabibi. Dalam sambutannya dia memberikan besan kepada para generasi muda dan pelajar agar mempu menguasai ilmu pengetahuan dan tekhnologi.

“Sekarang ini zamannya serba tekhnologi, para pemuda dan pejar harus mamiliki kemampuan menguasai ilmu pengetahuan dan tekhnologi untuk dimanfaatkan pada hal-hal yang positif,”  tuturnya.

Nuzulul Qur’an kali bersamaan dengan penutupan Kegiatan Ngabuburit Asyik dan pengumumamn pemenang Ramadan Fest yang telah digelar selama 15 hari sebelumnya (14-28 Maret 2024).

Ketua Panitia Pelaksana Prof Dr Ahmad Izzuddin, M.Ag mengumumkan pemang Ramadhan fest tahun 2024 dari kategori Murottal, Dai Q dan Musik Islami.

Berikut nama-nama pemenang Ramadhan Fest MAJT Tahun 2024.

Kategori Murottal: Juara I atas nama Fadila dari Pondok pesantren Al-Mahfudz Weding, Demak. Juara II atas nama M. Matsna Fawatihuurrozaq dari UKM BITA UIN Walisongo Semarang, dan Juara III atas nama Alfian Praditama dari Pondok Pesantren Al-Mahfudz Weding Demak.

Kategori Dai Q: Juara I atas nama Moh. Fathul Ikhsan dari UIMSYA Blokagung Banyuwangi Jawa Timur, Juara II atas nama M. Syahril Arifin Sutendi dari Universita Al-Washilyah Medan Sumatera Utara dan Juara III atas nama Tika Amalia dari MAN 2 Cilacap.

Kategori musik Islami: Juara I diraih oleh Grup Rebana Modern SMPN 15, Juara II diraih oleh Musik Religi SMA NU Al-Ma’ruf Kudus dan Juara III diraih oleh Grup Al-Falah SMAN 1 Mojo Tengah Wonososbo.

Total hadiah yang diterima oleh pemenag adalah Rp 22 Juta dan beberapa hadia tambahan lain diantara vouche hotel Khas semarang, Voucher Saloka Theme Park Ungaran, Bingkisan dari Kokola, BSI dan Unwahas, Beasiswa dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Dian Nuswantoro Semarang serta 1 tiket Jakarta – Jeddah dari Saudia Airlines.

Acara dilanjutkan dengan Penandatanganan MOU antara Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Provinsi Jawa Tengah dan Fakultas Ilmu Budaya Univesitan Dian Nuswantoro, selanjutnya dilakukan santunan anak yatim dari Bank Syariah Indonesia (BSI) dan TVKU Semarang, kemudian tausiyah Oleh Drs. KH. Ghufron Bisri  dan dituutp dengan buka puasa Bersama.  (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini