KONI Wonosobo Buka Pendaftaran Bacalon Ketua Umum, Ini Syaratnya

Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Bacalon Ketum KONI Wonosobo Samsul Ma'arif saat memberi keterangan pers. Foto : emhaka putra/sigijateng.id

WONOSOBO (SIGIJATNG.ID) -Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Wonosobo membuka pendaftaran bakal calon Ketua Umum KONI untuk dipilih dalam Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) yang akan digelar pada 3 Agustus 2024 mendatang di Aula Mangoenkusuma Gedung Setda setempat.

Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Calon Ketua Umum KONI Wonosobo, Samsul Ma’arif dalam konferensi pers Sabtu (6/7/2024), mengungkapkan pihaknya akan menjaring Calon Ketua Umum KONI masa bakti 2024-2028, karena masa bakti kepengurusan KONI sebelumnya telah habis.

“Kreteria calon Ketua Umum KONI antara lain, punya kemampuan managerial, waktu cukup untuk mengelola organisasi. Siap melaksanakan AD/ART KONI, mampu jadi pengayom dan pemersatu cabang olahraga, punya visi dan missi meningkatkan prestasi olahraga, mampu bekerjasama dengan pemerintah daerah, badan usaha dan semua cabor yang ada,” katanya.

Adapun persyaratannya, lanjut Samsul, meliputi pernah atau sedang jadi pengurus Cabor atau KONI Kabupaten Wonosobo minimal satu tahun dibuktikan dengan SK. WNI ber-KTP Wonosobo. Harus mendapat dukungan minimal 8 Cabor yang ditandatangani Ketua Cabor yang sah. Surat dukungan yang sudah masuk di tim penjaringan tidak bisa dicabut kembali. Dukungan ganda dari Cabor tidak berlaku.

“Syarat lain, pendidikan minimal SMA, wajib menyampaikan visi missi. Setiap calon wajib membuat surat pernyataan tertulis, terkait siap mengabdi penuh waktu, siap mundur sebagai Ketua Cabor bila terpilih sebagai Ketua Umum KONI, tidak sedang tersangkut kasus hukum, menandatangani pakta integritas dan melampirkan surat keterangan riwayat hidup,” bebernya.

Jadwal Pendaftaran

Samsul menyebutkan tata cara pendaftaran, yakni mengambil dan mengembalikan formulir serta dokumen lain, mulai 13-27 Juli 2024 di Kantor KONI di Jln Kartini No 11 Wonosobo, mulai pukul 09.00-15.00 WIB. Kelengkapan dokumen yang harus dikumpulkan antara lain, foto copi SK pengurus Cabor/KONI, salinan KTP, surat dukungan cabor dan foto copi ijazah terakhir,” terangnya.

Di luar itu, imbuh dia, ada syarat lain seperti surat pernyataan kesediaan untuk dicalonkan sebagai Ketua Umum KONI, daftar riwayat hidup. Surat pernyataan menyampaikan visi-missi sebelum pelaksanaan pemilihan Calon Ketua Umum KONI pada acara Musorkab.

Juga surat pernyataan siap menyediakan penuh waktu, bersedia mengundurkan diri dari Ketua Cabor jika terpilih sebagai Ketua Umum KONI, tidak sedang tersangkut kasus hukum, berintergritas dan mampu melaksanakan AD/ART dan menjaga marwah KONI.

Sedang jadwal penjaringan calon Ketua Umum KONI, tanggal 6-13 Juli 2024 pengumuman di media massa, radio, media sosial dan pemberitahuan ke pengurus Cabor. 13-27 Juli pengambilan dan pengembalian formulir pendaftaran hingga ditutup pukul 13.00 WIB.

Pada 27 Juli jadwal verifikasi berkas pendfataran, 28-29 Juli perbaikan berkas persyaratan administrasi hingga pukul 16.00 WIB, 30 Juli pengumuman bakal calon Ketua Umum KONI dan 3 Agustus 2024 pelaksanaan Muskorcab KONI Kabupaten Wonosobo. (mahaka putra)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini