Kolaborasi Mahasiswa KKN UIN Walisongo dengan Warga Desa Penangkan Menyambut Tahun Baru Hijriah, Sukseskan Tradisi Pawai Obor

SIGIJATENG.ID – Dalam rangka menyambut malam 1 Muharram 1446 H atau malam tahun barui hijriah, warga Desa Penangkan, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang mengadakan kegiatan pawai obor pada Sabtu (6/7/2024). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga Desa Penangkan yang terdiri dari 3 dusun, yaitu Dusun Penangkan Krajen, Kalibogor, dan Wonoedi.

Ratusan masyarakat menyemarakkan kegiatan tersebut dengan membawa obor. Rute perjalanan dimulai dari Balai Desa Penangkan dan kembali lagi di Balai Desa Penangkan.

Kegiatan ini berlangsung sangat meriah karena diiringi juga dengan musik drumband yang dimainkan oleh pemuda karang taruna Desa Penangkan.

Kepala Desa Penangkan Kiswandi mengatakan kegiatan ini sangat menarik perhatian semua warga. Adanya gtup drumband yang tampil makin semarak. Tim drumband ini baru saja dilatih sekitar kurang lebih dua minggu yang memang dipersiapkan khusus untuk meramaikan malam 1 Muharram tersebut.

Belasan mahasiswa UIN Walisongo yang melakukan progran KKN di desa itu turut serta membantu mensukseskan pelaksanaan kegiatan, bahkan ada juga yang ikut menjadi petugas drumband.

“Harapan saya dengan adanya kegiatan ini dapat merekatkan hubungan yang ada di seluruh lapisan masyarakat,” kata kades.

Alhasil, seluruh lapisan masyarakat menyambut kegiatan ini dengan antusias yang luar biasa dan turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Pada akhir kegiatan pawai ditutup dengan makan bersama seluruh masyarakat.

Sementara, Koordinator Desa Penangkan KKN Posko 105 Nanda Raditya Yuditama menyampaikan kegiatan ini sangat baik. Kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi dengan semua masyarakat. “Semoga dengan adanya pawai obor ini dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1446 H ini dapat mempererat kedekatan antara mahasiswa KKN dengan masyarakat di Desa Penangkan,” kata dia. (safitri/posko105/*)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini