Coklit Pilkada 2024, Bawaslu Terjun Awasi Pantarlih Turun Lapangan

Bawaslu Kendal turut mengawasi pantarlih dalam melakukan coklit Pilkada 2024. Foto : Istimewa

Kendal (sigijateng.id) – Pastikan kinerja Pantarlih dalam pencocokan dan penelitian (coklit), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kendal beserta Panwaslu Kecamatan (Panwascam), dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) terjun lapangan melakukan pengawasan.

Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang melaksanakan atau coklit diharapkan tidak melaksanakan tugas dari belakang meja. Petugas harus turun ke lapangan melakukan pencocokan dan penelitian data untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua Bawaslu Kendal Hevy Indah Oktaria menyampaikan pada Coklit kali ini jajaran pengawas harus menjalin komunikasi yang baik dengan Pantarlih. Sehingga pengawas dapat memberikan saran secara langsung apabila dilapangan terdapat data atau prosesur yang tidak sesuai.

“Dalam melakukan pengawasan, pengawas harus selalu memperhatikan proses coklit yang dilakukan pantarlih,” kata Hevy.

“Dalam uji petik pengawas memastikan pantarlih dibekali atribut dan bahan coklit, pantarlih memastikan kebenaran data pemilih dan melakukan coklit sesuai prosedur,” imbuhnya.

Turut terjun langsung melakukan pengawasan, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Muhammad Amin guna memastikan pelaksanaan Coklit yang dilakukan oleh Pantarlih sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Pengawasan ini kita lakukan untuk memastikan pantarlih bekerja sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, jangan sampai pantarlih hanya bekerja diatas meja saja,” kata Amin saat melakukan pengawasn di TPS 02, Dusun Patean, Desa Curugsewu, Kecamatan Patean.

“Dalam coklit benar-benar harus dilakukan dengan mencocokkan data kependudukan yang dimiliki pemilih,“ sambungnya.

Diketahui pelaksanaan coklit serentak pada hari pertama dilakukan di sejumlah rumah tokoh masyarakat Kabupaten Kendal. Antara lain di rumah dinas Bupati Kabupaten Kendal, Dico M Ganinduto di Tunggulrejo, Kecamatan Kendal, rumah dinas Wakil Bupati Kabupaten Kendal, Windu Suko Basuki di Pegulon, Kecamatan Kendal.

Syuriyah PC NU, Danial Royan di Tamangede, Kecamatan Gemuh, Wakil Ketua PD Muhammadiyah, Khoirudin di Pagersari, Kecamatan Patean, Ketua MUI, Asroi Thohir di Kutoharjo, Kecamatan Kaliwungu, Ketua FKUB, Idris Nor di Sukolilan Kecamatan Patebon, dan Ketua PD Rifaiyah, Azka Badruzzaman di Cepokomulyo, Kecamatan Gemuh. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini