Bertahun-tahun Akses Jalan Rusak, Masyarakat Tlogopayung Kendal Kini Miliki Jalan Mulus, Bupati Dico Berharap Begini

Bupati Dico Ganinduto saat melakukan monitoring rekontruksi pekerjaan jalan di Tlogopayung Plantungan, Rabu (10/7). Foto: vian/sigijateng.id

Kendal (sigijateng.id) – Setidaknya ada 13 titik ruas jalan yang tersebar di sejumlah wilayah di Kabupaten Kendal mulai dilakukan rekontruksi pekerjaan pembangunan jalan. Pekerjaan jalan kabupaten tersebut menggunakan dana alokasi khusus (DAK) tahun anggaran 2024.

Salah satunya pekerjaan rekontruksi jalan di Desa Tlogopayung Kecamatan Plantungan yang menghubungkan antar desa. “Tahun ini ada 13 titik ruas jalaan kabupaten yang dikerjakan. Dan semuanya sudah berproses. Untuk anggaran menggunakan dana alokasi khusus (DAK),” kata Bupati Dico M Ganinduto didampingi Sekdin PUPR Kendal, disela monitoring di Desa Tlogopayung Plantungan, Rabu (10/7/2024).

Dico menyampaikan untuk rekontruksi pekerjaan jalan di Tlogopayung Plantungan sejauh 2,4 kilometer ini menyerap anggaran 4,8 miliar anggaran bersumber DAK tahun 2024. “Harapannya akses ekonomi, kesehatan, pendidikan dan pariwisata menjadi lebih baik,” tuturnya.

Sebelumnya, akses jalan di Desa Tlogopayung yang merupakan jalan kabupaten kondisinya rusak selama beberapa tahun. “Kita berharap kesejahteraan masyarakat lebih baik. Sebab akses jalan ini prioritas utama dan kini sudah baik. Saya berharap masyarakat turut menjaga,” ujarnya.

Disebutkan juga, bahwa pemerintah Kabupaten Kendal telah menyiapkan anggaran mencapai 100 miliar untuk infrastruktur jalan di tahun 2025 mendatang. “Mohon doanya, pemerataan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat Kendal terlaksana dengan lancar,” tandas Dico.

Untuk diketahui, rekontruksi pekerjaan jalan Tlogopayung Plantungan tersebut dilakukan pihak ketiga dengan proses lelang. Dikerjakan dalam waktu 110 hari kedepan sejak 24 Juni 2024 lalu. Hingga kini pekerjaan jalan tersebut masih terus berproses.

Sementara itu, Kepala Desa Tlogopayung, Andi Hermanto mengungkapkan jika kondisi jalan di desanya yang merupakan jalan kabupaten rusak bertahun-tahun. Padahal jalan tersebut merupakan akses utama bagi masyarakat melakukan aktifitas.

“Alhamdulilah, berkat perjuangan melalui musyawarah pembangunan desa (musrenbangdes) yang diusulkan pada tahun lalu, akhirnya terealisasi. Dan saat ini, sudah dilakukan rekontruksi jalan. Harapannya ekonomi dan kesejahteraan warga menjadi lebih baik,” ujarnya.

“Maturnuwun pak Bupati Dico dan segenap jajaran OPD terkait. Terimakasih kepada masyarakat yang terus memberikan dukungan program pembangunan daerah,” sambungnya.

Salah satu warga Tlogopayung, Juhani (59) mengaku senang akses jalan yang ada dikampungnya menjadi mulus dan baik. “Senang sekali jalannya mulus tidak berlubang. Sebab, kondisi jalan sebelum diperbaiki rusak dan berlubang. Alhamdulilah kini sudah bagus,” ucapnya. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini