Apresiasi Pengarsipan Dokumen Sertifikat di Kendal Tertata Baik, Anggota Komisi II DPR RI : Bisa Jadi Referensi Studi Bagi Daerah Lain

Anggota Komisi II DPR RI didampingi anggota DPRD Propinsi Jawa Tengah Paramita Atika Putri.beri apresiasi Pengarsipan Dokumen Sertifikat di Kendal Tertata Baik. Foto : viant/sigijateng.id

Kendal (sigijateng.id) – Penataan arsip yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan ATR/BPN Kendal mendapat apresiasi baik dari Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Riyanta saat berkesempatan melihat langsung ruangan pengarsipan dokumen pertanahan.

Riyanta melihat yang dilakukan Kantor Pertanahan Kendal bisa dicontoh daerah lain. “Saya kebetulan di pusat arsip BPN Kendal dan sangat bagus. Ruangan namanya SIAP atau sistem informasi arsip pertanahan,” kata Riyanta kepada wartawan pada Kamis 13 Juni 2024.

Dia menjelaskan, dari keterangan petugas untuk mencari warkah tidak membutuhkan waktu lama. Hanya dalam hitungan menit sudah bisa mencari dokumen yang dibutuhkan melalui sistem ini.

“Tidak butuh waktu lama untuk mencari warkah di kantor BPN/ATR Kabupaten Kendal hanya satu menit sudah bisa menemukan,” tutur Riyanta yang juga didampingi anggota DPRD Propinsi Jawa Tengah Paramita Atika Putri.

Dirinya berharap yang dilakukan kantor BPN/ATR Kabupaten Kendal dengan penerapan sistem pengarsipan ini bisa menjadi tempat untuk studi banding bagi daerah lain.

“Tentunya ini bisa menjadi referensi bagi daerah lain untuk bisa study soal penataan dokumen arsip sertifikat pertanahan agar datang ke Kendal,” harapnya.

Anggota Komisi II DPR RI didampingi anggota DPRD Propinsi Jawa Tengah Paramita Atika Putri.beri apresiasi Pengarsipan Dokumen Sertifikat di Kendal Tertata Baik. Foto : viant/sigijateng.id

“Beberapa kali saya melakukan kunjungan di daerah banyak pengelolaan arsip yang ambradul tidak tertata,” imbuhnya.

Riyanta menilai pengarsipan di kantor pertanahan Kendal sangat baik sehingga memudahkan untuk mencari dokumen. “Dengan begitu, maka pelayanan akan menjadi cepat sehingga pelayanan secara nasional bisa lebih baik lagi,” tandasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Pertanahan Kendal, Agung Taufik Hidayat menyebut jika pengarsipan dokumen sertifikat tanah se-kabupaten Kendal sudah ditata dengan baik agar memudahkan dalam pencarian.

“Arsip ini tidak diurutkan berdasarkan kecamatan atau desa tetapi dari nomor,” jelas Taufik.

Taufik juga menyebut, jika penataan arsip dokumen pertanahan yang ada di kantor BPN/ATR Kendal yang dipimpimnya sudah kerap menjadi acuan refensi studi bagi daaerah lain sepreti dri Riau, Bangka Belitung, NTT dan lainnya.

“Beberapa waktu lalu ada dri bangka Belitung dan daerah lain belajar dating ke sini mengenai penataan dokumen arsip sertifikat pertanahan. Kami sangat senang bisa menjadi referensi untuk studi,” pungkasnya. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini