Alhamdulillah, 78 Orang Ikuti Donor Darah di Masjid Jami Al Qodar Sendangmulyo

Pengurus Yayasan Masjid Jami Al Qodar, Isdiyanto bersama pengurus DMI Kota Semarang, tim media PMI dan lain-lain saat melihat pelaksaan donor darah. ( foto dok masjid al qodar)

SEMARANG (sigijateng.id) – Masjid Jami Al Qodar Sendangmulyo Kecamatan Tembalang Kota semarang menggelar Kegiatan Ramadan Peduli Kemanusiaan dengan mengadakan donor darah pada 22 Maret 2024 pukul 20.00 di TK dan TPQ Plus Al Qodar. Kegaitan sosial sebagai salah satu kegiatan memakmurkan masjid setempat saat bulan Ramadan ini.

Kegiatan diikuti 78 orang itu dihadiri antara lain Ketua DMI Kota Semarang, KH Ahmad Fuad dan Sekretaris KH Abdul Ghofar dan Ketua DMI Ranting Sendangmulyo, KH Sugiyono Achmad, SAg,  tim medis PMI, Ketua Dewan Pengawas Yayasan Masjid Al Qodar Dr H Teguh Hadi Prayitno, MHum, Ketua Pengurus Yayasan Masjid Al Qodar Isdiyanto, takmir Masjid Al Qodar dan pengurus LPMK.

Menurut Pengurus Yayasan Masjid Jami Al Qodar, Isdiyanto, donor darah ini memiliki tujuan untuk membantu menyediakan pasokan darah yang aman dan cukup untuk kebutuhan medis.

Pengurus Yayasan Masjid Jami Al Qodar, Isdiyanto saat menyaksikan peserat dono darah. ( foto dok masjid)

Darah yang didonasikan dapat dibagi menjadi komponen-komponen seperti sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit darah, yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi medis.

”Donor darah merupakan kegiatan yang baik serta menyehatkan. Selain dapat membantu sesama dan menyelamatkan banyak nyawa, kegiatan donor darah juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Manfaat yang pertama dari kegiatan donor darah adalah dapat munurunkan risiko kanker,” katanya.

Isdiyanto menyatakan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada warga yang telah mau datang menyumbangkan darahnya untuk kemanusian. “Semoga kegiatan ini menjadi amal soleh dan bermanfaat untuk orang banyak,” kata Isdiyanto.

Ketua DMI Kota Semarang, Ahmad Fuad, merespons positif gerak cepat Masjid Al Qodar dalam menyelenggarakan donor darah, setelah diminta bantuan oleh DMI Kota Semarang, hanya dalam tempo 5 hari sudah langsung merealisasi.

DMI Kota Semarang menghubungi masjid-masjid untuk membuka donor darah, setelah mendapat keluhan dari PMI Semarang yang akhir-akhir ini mengalami kekurangan stok darah, seiring meningkatnya kasus DB di Kota Semarang, membutuhkan darah dalam jumlah besar.

Masjid Al Qodar yang mengawali gerakan donor darah untuk membantu PMI Kota Semarang dan diharapkan masjid-masjid lain di Kota Semarang melakukan gerakan yang sama untuk memenuhi kebutuhan darah di Kota Semarang. (aris)

Berita terbasu:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini