16 Tahun Tidak Dapat Emas, Gulat Jateng Bidik Satu Emas di PON XXI 2024 Aceh-Sumut

Tim Gulat Jateng yang sedang berlatih di lapangan tenis indoor GOR Jatidiri Semarang, Kamis 20 Juni 2024. ( foto dok koni jateng)

SEMARANG (sigijateng.id) – Cabang olahraga (cabor) gulat Jawa Tengah bertekad meraih medali emas di PON XXI 2024 di Aceh-Sumut.

Medali emas adalah impian Pengprov PGSI Jateng menyusul hasil yang tidak bagus di 16 tahun terakhir atau empat kali PON terakhir. Selama 16 tahun, tim gulat Jateng gagal meraih medali emas.

Pengprov PGSI Jateng ingin mengakhiri “puasa” tanpa medali emas pada event di PON Aceh-Sumut. Terkahir didaoat di ajang PON XVII 2008 di Kalimantan Timur.

“Jadi sudah lama sekali, 16 tahun tak dapat emas di PON. Pada PON 2024, kami targetkan satu medali emas, tapi tak menutup kemungkinan bisa mendapatkan lebih,” kata pelatih gulat Jateng, Ngabdi Manggiyo Mulyadi, diselsa-sela menerima kunjungan tim monitoring dan evaluasi (monev) KONI Jateng di lapangan tenis indoor GOR Jatidiri Semarang, Kamis 20 Juni 2024.

Tim monev KONI Jateng dipimpin Bendahara Umum, Ir. Prasetya Budi Yuwono, ME, didampingi Waka II Bidang Binprs, Agus Supriyadi, SH, SE, MH dan Waka II Bidang Kerjasama Antar.Lembaga, Billy Suryo Wibowo, SH, MM.

Pelatih asal Kudus itu, menyebutkan satu medali emas tersebut diharapkan bosa diraih oleh Ahmad Umar Maulana, pegulat asal Kudus yang bertanding pada kelas 125 kg gaya bebas putra.

Lebih lanjut Ngabdi yang didampingi asisten pelatih Choirus Salim asal daerah Jepara, menjelakan, persiapan untuk meraih target medali emas tersebut telah melakukan pemusatan latihan daerah (Pelatda) mendiri sejak Februari 2024, kemudian dilanjutkan Pelatda sentralisasi di Semarang pada Mei 2024.

Saat ini sudah memasuki pada tahan persiapan khusus, yakni porsi untuk latihan fisik dan teknik berimbang serta berat-beratnya, fokusnya pada daya tahan dan latihan koordinasi.

“Pada persiapan khususnya ini berat-beratnya. Fisiknya intervalan, latihan yang cenderung gerakan anaerobik yang tahan nafas, ngap-ngapan. Cenderung daya tahan tubuh,” jelasnya.

Porsi latihan atlet gulat dilakukan Senin, Rabu, dan Jumat dibagai tiga tahap yakni pagi, siang, sore. Untuk Selasa, Kamis dan Sabtu hanya pagi dan siang.

Untuk PON 2024, lanjut Ngabdi akan memberangkatkan tujuh pegulat. Meski sebenarnya berdasarkan hasil babak kualifikasi PON lolos sembilan pegulat. Tapi, jatah KONI Jateng hanya tujuh atlet.

Tujuh pegulat itu adalah, Ahmad Umar Maulana (Kudus, Kelas 125kg Gaya Bebas Putra). Bella Evita Meyswa (Pemalang/kelas 57 kg gaya bebas putri ), Zuhrul Anam (Demak/kelas 97 kg Gaya Greeco Romawi Putra),

Ericka Ramadhan (Grobogan/ kelas 130kg Gaya Greeco Romawi putra), Fauzal Juan Ramadhan(Kota Solo/kelas 60 kg Gaya Greeco Romawi), Arya Febrian Iswiyari Putra (Demak/kelas 65 kg Gaya bebas putra), dan Tegar Arya Wibisono (Brebes/ kelas 57kg Gaya bebas putra.

“Pada babak kualifikasi atau pra PON meraih satu medali emas oleh Ahmad Umar Maulana dan dua medali perunggu,” ujarnya.

Lawan berat pegulat Jateng pada PON 2024, menurut Ngabdi berasal Jawa Timur (Jatim) dan Kalimantan Timur (Kaltim) yang kekuatan merata, serta Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Ngabdi menambahkan, untuk menguji kemampuan pegulat Jateng sebelum tampil di PON, telah melakukan try out ke Jatim pada 5-6 Juni 2026. Kebetulan tim gulat Kalimantan Selatan juga melakukan try out di Jatim, sehingga bisa berlatih tanding bersama secara segita tiga.

“Kami juga rencananya pada bulan Juli mendatang akan mendapatkan tamu dari tim gulat PON Banten. Sebenarnya kami ingin try out lagi, tapi tergantung dana,” ujarnya.

Ngabdi menambahkan kendala yang dihadapi saat ini adalah prasarana seperti alat beban, baju, dan sepatu untuk bertanding atlet.

“Baju dan sepatu gulat itu khusus serta harganya memang mahal. Berharap sebelum PON sudah bisa terpenuhi,” harapnya.

Sementara, Bendahara Umum KONI Jateng, Ir. Prasetya Budi Yuwono meminta para atlet gulat tetap semangat dan optimis untuk meraih hasil terbaik pada PON XXI 2024 di Aceh-Sumut.

“Atlet gulat pantang menyerah, KONI Jateng akan mendukung untuk mendapat hasil medali emas sesuai target,” ujarnya. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini