Upaya Mencegah Abrasi Pantai Desa Pidodo Kulon, Mahasiswa KKN dan Masyarakat Tanam 1.000 Bibit Mangrove

Mahasiswa KKN UIN Walisongo saat menanam 1.000 bibit mangrove di Pantai Desa Pidodo Kulon Kendal. ( foto tim kkn)

KENDAL (sigijateng.id) – Mahasiswa KKN MIT Ke 15 UIN Walisongo Semarang menanam bibit mangrove sebanyak 1.000 bibit di pesisir Pantai desa Pidodo Kulon, Kabupaten Kendal. sebagai salah satu upaya melestarikan lingkungan dan mencegah abrasi di daerah sana. Kegiatan ini digelar Minggu (05/02/2023).

Aksi penanaman bibit mangrove merupakan program kerja posko mahasiswa KKN di Desa Pidodo Kulon dan program kerja kecamatan yang bersinergi dengan Mahasiswa KKN MIT UIN Walisongo Semarang se Kecamatan Patebon sekitar 80 mahasiswa.

Penanaman bibit mangrove dilakukan sebagai salah satu langkah dalam mencegah abrasi dan sebagai penerapan dalam Hablum Minal’alam. “Selain melakukan Hablum Minallah dan Hablum Minannas, kita implementasikan juga penerapan Hablum Minal’alam kita disini dengan cara menanam bibit mangrove,” ujar Abdul Malik, selaku perwakilan LPPM UIN Walisongo Semarang dalam pidatonya.

Ekosistem mangrove sebagai salah satu penopang ekosistem wilayah pesisir diharapkan dapat menjadi area mencari makan, memijah, dan berkembangbiak berbagai jenis ikan dan udang, sekaligus habitat alami berbagai jenis fauna.

“Selain melestarikan alam, penanaman ini bisa dijadikan salah satu bantuan kepada warga sekitar di bidang perekonomian dan insyaallah kedepannya akan ada wisata pohon mangrove di kabupaten kendal ini,” ujar Abdul Mufid selaku Camat Patebon.

“Berkat antusias setiap posko KKN UIN Walisongo di Kecamatan Patebon., serat dukungan beberapa pihak dan masyarakat program menanam 1.000 bibit mangrove dapat berjalan dengan lancar. Semoga nantinya dapat tumbuh menjadi hutan mangrove, sehingga dapat menanggulangi abrasi di pesisir Pantai Pidodo ini,” ujar Afwan Giri Firdaus Selaku Peserta dan Koordinator Desa Mahasiswa KKN Posko 17 Desa Keboharjo. (annisa/asz)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini