Tips Travelling ke Bromo: Ketahui Hal Ini Sebelum Berangkat

Gunung Bromo (foto Instagram infowisatagunungbromo)

SIGIJATENG.ID – Kawasan wisata Gunung Bromo hingga kini menjadi destinasi favorit wisatawan domestik dan mancanegara. Panorama yang indah dan spot sunrise terbaik di Indonesia menjadi alasan utama para pelancong tertarik datang kesana setidaknya satu kali seumur hidup.

Perencanaan matang menjadi hal wajib yang harus dilakukan siapa saja saat hendak pergi berlibur. Jika anda menjadi salah satu yang ingin berlibur ke Bromo, simak tips travelling ke Bromo berikut ini agar liburan anda jadi lebih nyaman dan menyenangkan.

  1. Jalur Transportasi

Pemilihan jalur transportasi menjadi tips pertama, dua jalur utama yang kerap digunakan oleh wisatawan ada jalur Malang-Gubugklakah dan Surabaya-Probolinggo. Anda yang gunakan transportasi publik bisa melalui rute Surabaya-Probolinggo, sedangkan anda yang gunakan kendaraan pribadi bisa melalui Malang-Gubugklakah karena pemandangannya jauh lebih indah.

  1. Waktu Berkunjung

Pilih awal musim kemarau untuk berkunjung ke Bromo menjadi tips travelling ke Bromo yang perlu dipertimbangkan. Panorama Bromo pasca musim penghujan terlihat hijau karena kesuburan tanah pegunungan ditumbuhi rumput dan perdu bertunas yang hampir melapisi setiap daratan di Kawasan Gunung Bromo.

Kawasan wisata Gunung Bromo selalu ramai sepanjang tahun, pastikan anda memilih waktu-waktu berkunjung di hari biasa, bukan weekend ataupun liburan panjang, sehingga anda dapat menikmati pemandangan dengan lebih syahdu.

  1. Durasi Berkunjung

Tips travelling ke Bromo selanjutnya ialah dengan merencanakan durasi berkunjung, apakah anda memilih kunjungan 12 jam atau satu malam menginap. Jika anda memilih kunjungan 12 jam atau yang biasa disebut Bromo Midnight, anda dapat berangkat saat tengah malam dan berburu sunrise serta kembali siang hari esoknya setelah menikmati 6 spot populer di Gunung Bromo.

  1. Transportasi Keliling Bromo

Kawasan Gunung Bromo yang begitu luas dapat anda eksplor dengan menyewa jeep, naik kuda atau trekking. Pilihlah yang sesuai budget dan kemampuan tubuh anda karena ijin masuk kendaraan ke dalam kawasan Gunung Bromo hanya untuk roda dua dan Jeep Bromo sehingga anda dapat memarkirkan kendaraan pribadi di rest area atau parkir di hotel.

  1. Pakaian dan Alas Kaki

Persiapan pakaian yang memadai menjadi salah satu tips travelling ke Bromo yang harus diperhatikan. Kawasan Gunung Bromo memiliki suhu rata-rata di bawah 10 derajat celcius setiap harinya. Anda yang tidak bisa terkena udara dingin bisa mengantisipasinya dengan membawa jaket tebal, syal, sarung tangan dan inhealer untuk anda yang memiliki asma.

Kalau anda lebih nyaman gunakan sandal daripada sepatu setiap bepergian, untuk kali ini kesampingkan dulu ya niatnya, karena jika berencana ingin melakukan banyak aktivitas di Gunung Bromo gunakanlah sepatu boot atau sepatu trekking agar lebih nyaman dan aman.

Tips travelling ke Bromo selain gunakan pakaian yang memadai, jangan lupa juga untuk gunakan kacamata, topi, masker dan sunblock. Penggunaan masker dapat mengurangi efek bau menyengat kawah aktif. Walaupun udara di kawasan Gunung Bromo itu dingin namun terik matahari masih bisa terasa, anda perlu melengkapi diri dengan topi, kacamata hitam dan sunblock.

  1. Bawa Bekal Secukupnya

Selain itu lengkapi diri dengan membawa bekal makanan dingan dan air secukupnya. Pedagang makanan memang mudah ditemui di kawasan Gunung Bromo, namun jika anda ingin berhemat, mampirlah terlebih dahulu ke minimarket di sepanjang jalan Jemplang atau Sukapura untuk membeli air mineral, roti atau camilan lain yang anda inginkan untuk menjaga stamina tubuh,

Itu dia beberapa tips travelling ke Bromo yang dapat anda jadikan acuan saat merencanakan rekreasi ke salah satu tempat wisata paling eksotis di Indonesia itu ya. Pastikan untuk selalu mempertimbangkan budget dan keinginan yang anda miliki, agar liburan jadi menyenangkan, nyaman dan aman.

(akhida)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini