Tata Cara Salat Tarawih, Lengkap Mulai dari Niat Hingga Bacaan Doa Setelahnya

Ilustrasi Doa (foto: vecteezy)

SIGIJATENG.ID – Bulan Ramadhan telah tiba, salat tarawih menjadi salah satu ibadah yang tak terpisahkan dengan bulan suci ini.

Salat tarawih dianjurkan untuk dilakukan lantaran dapat mendatangkan banyak pahala dan keutamaan bagi orang-orang yang mengerjakannya dengan iman dan ikhlas karena Allah swt.

Mengenai gerakan dan rukunnya, salat tarawih hampir sama dengan salat sunah lainnya. Mengenai jumlah rakaatnya biasanya ada dua pilihan.

Ada yang 23 rakaat lengkap dengan salat witir, ada juga yang 11 rakaat lengkap dengan witir. Meski berbeda jumlah rakaat, salat tarawih dikerjakan dengan cara yang sama di mana setiap dua rakaat ditutup dengan salam.

Panduan salat tarawih sebenarnya tidak jauh berbeda dengan salat fardu. Perbedaanya hanya seperti yang telah disebutkan sebelumnya, serta pada niat. Selain itu, panduan salat tarawih juga terdiri dari zikir-zikirnya yang diucapkan bersama-sama di antara salat tarawih.

Berikut panduan salat tarawih dari tata caranya:
Rukun Salat Tarawih
• Niat (Kamu bisa melihat niat salat tarawih di halaman selanjutnya)
• Takbiratul Ihram
• Membaca Doa Iftitah
• Membaca Surat Al-Fatihah
• Membaca Surat Alquran
• Ruku’
• I’tidal
• Sujud
• Iftirasy (Duduk di Antara Dua Sujud)
• Sujud Kedua
• Berdiri untuk mengerjakan rakaat yang kedua.
• Membaca Surat Al-Fatihah
• Membaca Surat Alquran
• Ruku’
• I’tidal
• Sujud
• Iftirasy (Duduk di Antara Dua Sujud)
• Sujud Kedua
• Tasyahhud Akhir
• Salam

Bacaan Niat Salat Tarawih
Panduan salat tarawih berikutnya yaitu pengucapan niat. Salat tarawih adalah ibadah sunah yang hukumnya sunnah muakkad.

Di bulan Ramadhan ini, ibadah salat tarawih biasanya dilaksanakan setelah salat Isya secara berjamaah di masjid. Namun, kamu juga bisa melaksanakan ibadah salat tarawih ini sendiri di rumah.
Dilansir dari NU Online, berikut inilah bacaan niat salat tarawih berjamaah untuk imam dan makmum serta untuk salat sendiri (munfarid).

  1. Niat Salat Tarawih Berjamaah di Masjid untuk Imam
    اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى
    Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak’ataini mustaqbilal qiblati adā’an imāman lillāhi ta‘ālā.
    Artinya: “Aku menyengaja sembahyang sunah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah.”
  2. Niat Salat Tarawih Berjamaah di Masjid untuk Makmum
    اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى
    Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak’ataini mustaqbilal qiblati adā’an ma’mūman lillāhi ta‘ālā.
    Artinya: “Aku menyengaja sembahyang sunah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah.”
  3. Niat Salat Tarawih Sendiri di Rumah
    اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى
    Usholli sunnatat tarawihi rok’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala.
    Artinya: “Saya niat Salat Tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah SWT.”

Bacaan Dzikir Diantara Salat Tarawih
Panduan salat tarawih berikutnya terkait dengan bacaan zikir di antara salat, yang tentunya tidak asing lagi bagi kamu yang salat tarawih di masjid. Bacaan zikir ini biasanya dilafalkan bersama-sama para makmum, dipimpin oleh imam atau bilal. Beirkut bacaan zikir di antara salat tarawih:

“Subhaanal malikil qudduus. Subhaanal malikil qudduus. Subhaanal malikil qudduus.
Subbuuhun, quddusun, robbunaa wa robbul malaaikati war ruuh.
Allohumma inni a’udzu bi ridhooka min sakhotik wa bi mu’aafaatika min ‘uqubatik, wa a’udzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an ‘alaik, anta kamaa atsnaita ‘ala nafsik.
Allahumma innaka afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni.
Allahumma innaka afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni.
Allahumma innaka afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni.”

Doa Kamilin Usai Salat Tarawih
Kemudian, ada sebagaian umat muslim yang membaca doa kamilin setelah salat tarawih. Para ulama salafush shalih menyusun doa kamilin untuk dibaca setelah salat tarawih. Sebab pada zaman Nabi SAW, salat tarawih disebut dengan qiyam Ramadhan.

Doa kamilin dibaca dengan maksud memohon kesempurnaan iman kepada Allah SWT. Berikut bacaan doa kamilin:

Bacaan arab

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْإِيْمَانِ كَامِلِيْنَ، وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ، وَلِلصَّلَاةِ حَافِظِيْنَ، وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ، وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ، وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ، وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ، وَعَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضِيْنَ، وَفِي الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ، وَفِي الْاٰخِرَةِ رَاغِبِيْنَ، وَبِالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ، وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ، وَعَلَى الْبَلَاءِ صَابِرِيْنَ، وَتَحْتَ لِوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ، وَعَلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْن، وَإِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ، وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ، وَعَلَى سَرِيْرِ الْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ، وَبِحُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ، وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ، وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ، وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ، بِأَكْوَابٍ وَّأَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْنٍ مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ أُولئِكَ رَفِيْقًا، ذٰلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا، اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنَا فِي هٰذِهِ لَيْلَةِ الشَّهْرِ الشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ، وَلَا تَجْعَلْنَا مِنَ اْلأَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِه وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bacaan latin:
Allâhummaj’alnâ bil îmâni kâmilîn. Wa lil farâidli muaddîn. Wa lish-shlâti hâfidhîn. Wa liz-zakâti fâ’ilîn. Wa lima ‘indaka thâlibîn. Wa li ‘afwika râjîn. Wa bil-hudâ mutamassikîn. Wa ‘anil laghwi mu’ridlîn. Wa fid-dunyâ zâhdîn. Wa fil ‘âkhirati râghibîn. Wa bil-qadlâ’I râdlîn. Wa lin na’mâ’I syâkirîn. Wa ‘alal balâ’i shâbirîn. Wa tahta liwâ’i muhammadin shallallâhu ‘alaihi wasallam yaumal qiyâmati sâ’irîna wa alal haudli wâridîn. Wa ilal jannati dâkhilîn. Wa minan nâri nâjîn. Wa ‘alâ sariirl karâmati qâ’idîn. Wa bi hûrun ‘in mutazawwijîn. Wa min sundusin wa istabraqîn wadîbâjin mutalabbisîn. Wa min tha’âmil jannati âkilîn. Wa min labanin wa ‘asalin mushaffan syâribîn. Bi akwâbin wa abârîqa wa ka’sin min ma’în. Ma’al ladzîna an’amta ‘alaihim minan nabiyyîna wash shiddîqîna wasy syuhadâ’i wash shâlihîna wa hasuna ulâ’ika rafîqan. Dâlikal fadl-lu minallâhi wa kafâ billâhi ‘alîman. Allâhummaj’alnâ fî hâdzihil lailatisy syahrisy syarîfail mubârakah minas su’adâ’il maqbûlîn. Wa lâ taj’alnâ minal asyqiyâ’il mardûdîn. Wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa âlihi wa shahbihi ajma’în. Birahmatika yâ arhamar râhimîn wal hamdulillâhi rabbil ‘âlamîn.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban-kewajiban, yang memelihara salat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan qadla-Mu (ketentuan-Mu), yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad), yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra ,yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya.

Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan sahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah, tuhan semesta alam.”

(dimas)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini