Tahun Baru Imlek Lekat dengan Simbol, Berikut Ini 7 Makna Simbol Pernak-pernik

Ilustrasi. Foto : pixabay.com

sigijateng.id – Tahun Baru Imlek begitu sangat lekat dengan berbagai macam simbol. Hal itu tentunya memiliki makna tersendiri simbol yang ditonjolkan. Tidak terkecuali pada Tahun Baru Imlek 2023.

Guna menyambut Tahun Kelinci Air ini warga etnis Tionghoa juga memeriahkan perayaan pernak-pernik penuh makna. Seperti apa makna dari pernak-pernik khas tahun baru Imlek tersebut? Berikut ini ulasannya dikutip dari berbagai sumber:

Angpao

Memberi Angpao Imlek merupakan sebuah tradisi yang sudah turun temurun. Angpao ini mengartikan harapan agar orang yang menerima dijauhkan dari roh jahat. Angpao Tahun Baru Imlek sebagai bentuk rasa syukur atas keberkahan dari orang tua yang dilanjutkan ke anak-anaknya.

Lampion

Fungsi dasar Lampion adalah memberikan penerangan. Simbol lampion merah pada Tahun Baru Imlek melambangkan cahaya kebahagiaan dan pengharapan. Doa dianggap seperti sebuah lampion yang menuntun seseorang menuju tempat yang diharapkan.

Tempelan Kertas

Tempelan kertas dengan aksara mandarin banyak ditemui saat perayaan Tahun Baru Imlek. Biasanya ornamen tersebut ditempel di pintu dan jendela. tulisan diatas kertas tersebut adalah harapan dan doa di tahun mendatang. Berbagai macam harapan di tulis dalam tempelan kertas tersebut. Mulai dari harapan keberkahan, keberuntungan, kesehatan, hingga umur panjang.

Barongsai dan Naga

Simbol Naga dan barongsai pada perayaan Tahun Baru Imlek menyiratkan kekuatan untuk mengusir pengaruh jahat. Diharapkan masyarakat Tionghoa memiliki kekuatan dan keberanian untuk melawan hal-hal negatif yang ada di kehidupan.

Petasan

Perayaan Tahun Baru Imlek tidak lepas dari hingar bingar letusan petasan. Tidak dapat dipungkiri bahwa tradisi membakar petasan saat Imlek berhubungan berhubungan dengan cerita kuno tentang makhluk jahat bernama Nian yang berhasil diusir berkat bunyi-bunyian keras. Petasan menjadi lambang harapan nasib baik selama satu tahun ke depan.

Warna Merah dan Emas

Warna dominan pada setiap perayaan Tahun Baru Imlek adalah Merah dan Emas. Masyarakat Tionghoa percaya bahwa Warna Merah dan Emas lambang keberuntungan.

Jeruk Mandarin

Jeruk merupakan buah yang manis dan bergizi. Warnanya juga sangat cerah dan menarik. Jeruk Mandarin melambangkan kesehatan dan keberuntungan atau kebahagiaan.

Demikian makna dari simbol yang sering ditemui ketika Tahun Baru Imlek. (Red)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini