Rest Area Padat Kendaraan, Pemudik via Tol Cipali Susah Cari Parkir

Rest Area KM 338A ruas Tol Pemalang-Semarang padat lantaran menjadi sasaran pemudik untuk beristirahat, Foto : vian/sigijateng.id

Pekalongan (sigijateng.id) – Memasuki H-3 Lebaran 2023, Rest Area KM 338 A Pekalongan tepatnya di ruas Tol Cipali di Pekalongan-Semarang menjadi sasaran pemudik untuk beristirahat. Kepadatan membuat pemudik susah mencari parkir.

Berdasarkan pantauan di sekitar lokasi Rabu (19/4/2023) pada pukul 03.04 WIB pagi dinihari, kepadatan sudah terlihat persis di jalan masuk menuju lokasi tempat peristirahatan. Kepadatan membuat kendaraan roda empat harus secara perlahan masuk ke rest area.

Kendaraan yang masuk ke rest area didominasi mobil pribadi. Meski demikian, tidak jarang juga bus pengangkut penumpang yang memasuki area peristirahatan.

Beberapa kendaraan terlihat hanya melakukan isi ulang bahan bakar minyak (BBM). Sementara pemudik lainnya memilih rest area untuk beristirahat sementara lantaran telah melakukan perjalanan jauh.

Selama di tempat peristirahatan suara pengeras suara pengumuman tidak ada henti-hentinya mengimbau pemudik untuk memarkirkan kendaraannya di tempat yang telah disediakan. Sesekali imbauan untuk pemudik tak berlama-lama juga terus dibunyikan.

 “Diberitahukan kepada pemudik agar memarkirkan kendaraan di tempat yang disediakan. Maksimal parkir 20 menit selama di rest area dan agar kembali melakukan perjalanan,” bunyi pengumuman dari pengeras suara.

Salah satu pemudik, Zulkarnaen (48), mengaku memilih beristirahat setelah beberapa jam melakukan perjalanan. Dia sempat susah mencari parkir saat berlabuh di rest area itu. “Lumayan sih cari parkir susah, agak muter-muter dulu tapi ya akhirnya dapet,” kata dia, Rabu (19/4/2023).

Petugas di lapangan membantu para pengguna jalan untuk mencari parkir terhadap pengguna rest area. Dia juga diberikan imbauan untuk beristirahat tidak lama-lama. “Iya ada petugas yang membantu-bantu pengarahan. Ada juga imbauan 20 menit,” tukasnya.

Sementara itu, menurut pedagang di rest area KM 338A mengaku kepadatan kendaraan terjadi sudah sejak sepekan ini. Banyak pemudik yang menggunakan rest area sebagai lokasi istrihat favorite. “Sudah seminggu padat, alhamdulilah dagangan laris manis,” ujar Hidayah. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini