Rasanya Pahit, Ini Sejumlah Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan, Obati Diabetes hingga Mengurangi Radang Sendi

Masakan tradisional dari dari daun pepaya. (foto Instagram)

SIGIJATENG.ID – Daun pepaya rasanya pahit. Namun banyak yang suka. Pasalnya, banyak juga yang tahu kalau daun pepaya ini bermanfaat bagi Kesehatan.

Daun pepaya sering digunakan dalam berbagai masakan dan pengobatan tradisional. Daun ini memiliki fitokimia tingkat tinggi seperti saponin, tanin, alkaloid, dan flavonoid, terutama b-karoten.

Sejumlah manfaat daun pepaya untuk kesehatan pun telah dibuktikan oleh beragam penelitian. Mulai dari membersihkan darah, meningkatkan sirkulasinya, mengobati gangguan saluran pencernaan.

Berikut manfaat daun pepaya untuk Kesehatan dari berbagai sumber:

1, Mengobati Diabetes

Daun pepaya sering digunakan dalam pengobatan tradisional Meksiko sebagai terapi alami untuk mengobati diabetes dan mengontrol gula darah.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa daun pepaya memiliki efek penurun gula darah, tidak ada penelitian pada manusia yang mendukung penggunaannya untuk tujuan ini.

2, Mengobati Gejala Demam Berdarah

Salah satu manfaat obat yang paling menonjol dari daun pepaya adalah potensinya untuk mengobati gejala tertentu yang berhubungan dengan demam berdarah.

Studi menemukan bahwa ekstrak daun pepaya dapat meningkatkan kadar trombosit darah pada penderita demam berdarah.

3, Sifat Antikanker

Daun pepaya telah digunakan dalam praktik pengobatan tradisional untuk mencegah dan mengobati jenis kanker tertentu.

Ekstrak daun pepaya telah menunjukkan kemampuan yang kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dan payudara dalam penelitian tabung reaksi, tetapi baik percobaan hewan maupun manusia tidak mereplikasi hasil ini.

4, Meringankan Gejala Pencernaan

Teh dan ekstrak daun pepaya sering digunakan sebagai terapi alternatif untuk meringankan gejala pencernaan yang tidak nyaman, seperti gas, kembung dan mulas.

Nutrisi dan senyawa dalam daun pepaya dapat meringankan gangguan pencernaan, namun penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

5, Mengurangi Radang Sendi

Manfaat daun pepaya dipercaya mampu mengurangi peradangan pada sendi (artritis). Manfaat ini dianggap bisa didapat melalui ekstrak daun pepaya yang mengandung antioksidan.

Meski begitu, studi lebih lanjut pada manusia tetap dibutuhkan mengenai manfaat daun pepaya untuk kesehatan sendi. (asz)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini