Rakornas PAN Digelar di Semarang, Benarkan Upaya Mendekati Ganjar?

Presiden Joko Widodo memukul gong sebagai tanda membuka Rakornas PAN di Hotel Padma Kota Semarang Minggu (26/2/2023). ( foto humas pemprov jateng)

SEMARANG (sigijateng.id) – Rapat Koodinasi Nasional Partai Amanat Nasional (Rakornas PAN) digelar di Hotel Padma Kota Semarang, dibuka Presiden Jokowi pada Minggu (26/2/2023), pukul 09.00 WIB.

Hadir Presiden Jokowi, Ketua Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, sejumlah Menteri, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan sekitar 2.000 kader PAN.

Penyelenggaraan Rakornas PAN di Kota Semarang memunculkan menasaran dan pertanyaan banyak. Salah satu pertanyaanya apakah ini sebagai upaya PAN mendekati Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, untuk diusung menjadi Capres 2024.  Apalagi, dalam acara ini Ganjar Pranowo juga diundang dan hadir.

Dan yang penasaran itu antara lain Preside Jokowi. Dia sempat mempertanyakan alasan Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemenangan Pemilu di Jawa Tengah.

Jokowi pun menduga ini adalah strategi PAN untuk mendekati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang juga nama yang kerap digadang-gadang sebagai calon presiden 2024.

“Jawabannya saya sudah punya sekarang, jawabannya sudah punya. Strateginya, oh ini strategi, udah, mendekati pak Ganjar. Mendekati bupati wali kota dialihkan semuanya,” kata Jokowi dalam Rakornas PAN di Semarang hari ini.

Presiden menilai strategi PAN ini sudah benar karena Jawa Tengah adalah basisnya suara pendukung Ganjar. Menurut dia, kerja sama memang diperlukan dalam politik.

“Jangan justru politik itu memecah belah kita, sehingga sekali lagi kerja sama itu penting, koalisi itu penting, jangan salah memilih koalisi,” kata Jokowi.

Pernyataan ini disampaikan Jokowi di depan Ganjar dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang hadir secara langsung. Tidak hanya sekedar hadir, Ganjar ikut memberikan sambutan dalam acara ini.

Di awal sambutan, Jokowi menyebut dirinya terbiasa untuk mengabsen Capres Cawapres saat hadir di acara partai. Akan tetapi, Jokowi menyebut hari ini dirinya tidak akan mengabsen Capres Cawapres. “Karena calonnya yang hadir sedikit, enggak usah diabsen semua sudah tahu siapa,” kata Jokowi.

Lantas Jokowi mendapatkan data bahwa lumbung suara PAN yang tertinggi ada di Sumatera Barat, baru menyusul Aceh, Bengkulu, Sulawesi Tenggara, dan Papua. Lantas, Jokowi mengaku kaget karena perolehan suara PAN di Jawa Tengah di level terbawah, yaitu hanya nomor urut ke-29.

“Tadi bapak ketua menyampaikan dulunya di Jawa Tengah ini selalu dapat 8, 8, 8, 8, tapi di 2019 tidak mendapatkan sama sekali,” kata Jokowi. Untuk itu, Jokowi mengingatkan semua kader PAN pentingnya Jawa Tengah ini.

Sementara,  dalam sambutannya Ketum PAN Zulkifli Hasan mengatakan kehadiran Presiden Jokowi ke acara Rakornas di Semarang dinilai sangat berarti.

“Bagi kami presiden adalah segala-galanya. Bagi kami, presiden adalah panglima tertinggi kami. Jadi kami akan mengikuti setiap arahan presiden,” ujar Zulhas yang mendapat riuh tepuk tangan peserta Rakornas, Minggu 26 Februari 2023.

Zulhas mengatakan, Rakornas kali ini adalah perjuangan bagi partainya di pemilu mendatang. “Rakornas ini adalah perjuangan untuk kemenangan partai kita di Pemilu mendatang,” jelasnya. 

Demikian juga kenapa Rakornas PAN diadakan di Jawa Tengah, karena menurut Zulhas, PAN Jateng harus dibangkitkan. Pasalnya, pada pemilu 2019 sendiri, PAN Jateng sama sekali tidak mendapatkan kursi. Namun Zulhas ingin 8 kursi yang biasanya didapat harus bisa diraih kembali. 

“Jateng sendiri biasanya minimal 8 kursi, tapi sekarang malah nggak ada,” tegasnya.

Selain itu, Zulhas juga berceloteh bahwa berpartai harus riang gembira agar suara partai tidak turun.

“Jadi berpartai itu harus riang gembira, ceria. Kalau marah-marah terus nanti turun suaranya,” celotehnya yang disambut tawa peserta. 

“Itulah mengapa PAN banyak merekrut artis biar tidak marah-marah dan membuat kita gembira,” tandasnya. (asz)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini