PSSI Himbau Tegas Supoter Jaga Sikap, Jelang Laga Indonesia VS Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022

PSSI Himbau Tegas Supoter untuk Jaga Sikap Jelang Laga Indonesia VS Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022 (Foto : twitter @PSSI)

SIGIJATENG.ID – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) meminta dengan tegas kepada suporter Timnas Indonesia untuk menjaga sikap jelang leg pertama semifinal Piala AFF 2022 lawan Vietnam.

Seperti yang diketahui bersama, leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Indonesia VS Vietnam akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1/2023) sore pukul 16.30 WIB.

Ketua Divisi Pembinaan Suporter PSSI, Budiman Dalimunthe, meminta kepada suporter untuk jaga sikap tak ingin kejadian buruk saat melawan Thailand di fase penyisihan grup Piala AFF 2022 terulang.

Sebelumnya beberapa oknum suporter Timnas Indonesia melakukan tindakan anarkis saat Timnas Thailand tampil di SUGBK. Ketika laga tersebut, ada oknum suporter yang mencuri bendera Thailand hingga merusak bus yang ditumpangi Tim Gajah Perang.

Untung saja tidak ada korban jiwa, namun ada bagian kaca bus rombongan Timnas Thailand yang pecah lantaran adanya aksi anarkis oleh suporter Indonesia itu.

Dengan demikian, Budiman berharap para suporter bisa menghormati tim lain yang akan bertandang ke Indonesia. Pasalnya, apa yang dilakukan para suporter juga akan memiliki pengaruh bagi Timnas Indonesia kedepannya.

“Kita mau dihormati orang, ya kita hormati dulu juga diri sendiri dengan berperilaku baik. Dan pikirkan bahwa apa yang mereka lakukan itu bisa berdampak,” ujar Budiman Dalimunthe.

“Kecuali mereka sering nonton away. Kalau cuma jago kandang aja, jangan lah. Bikin malu,” sambungnya.
Lebih lanjut, Budiman menegaskan bahwa suporter adalah bagian penting dari sepakbola. Oleh karena itu, ia ingin nama sepak bola Indonesia tidak rusak karena perilaku oknum yang tidak bertanggung jawab di dalam pertandingan.

“Jangan gara-gara nila setitik, jadi rusak semuanya. Transformasi sepak bola itu kan juga termasuk ke perilaku suporter,” ujarnya.

Sebagai tambahan informasi, setelah melakoni leg pertama, Timnas Indonesia akan bertandang ke Vietnam guna jalani leg kedua. Adapun leg kedua semifinal Piala AFF 2022 berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Senin, 9 Januari 2023.

Sementara itu, PSSI merilis himbauan yang ditujukan kepada para suporter Merah Putih yang menonton langsung perjuangan Timnas Indonesia dari stadion.

Himbauan Keamanan untuk Suporter Indonesia yang akan menyaksikan langsung di Stadion Utama GBK.
• Duduk sesuai penempatan di tiket dan tidak berpindah-pindah tempat duduk.
• Tidak keluar masuk stadion untuk menghindari kerumunan dan penumpukan.
• Tidak membawa barang-barang yang tidak diperlukan.
• Tidak membawa benda-benda terlarang.
• Selalu ikuti rute evakuasi dan keamanan yang berlaku
• Selalu patuhi protokol kesehatan yang berlaku.
• Tidak mengkonsumsi minuman keras sebelum ke stadion.
• Tidak membawa poster/atribut yang mengandung unsur provokatif, politik, dan SARA.
• Gunakan bahasa yang baik.
• Print tiket, jangan masuk ke stadion bila tidak ada tiket. Tetap dukung dari rumah.
• Beli tiket secara resmi di PSSI.org dan jangan membeli tiket melalui calo.
• Jangan unggah tiket kamu di sosial media untuk menghindari penyalahgunaan barcode tiket.

(dimas)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini