Perlu Tahu, Simak 10 Langkah Bersihkan Freezer Kulkas dengan Benar dan Aman

Cara Bersihkan Freezer Kulkas dengan Benar (Foto: Freepik)

SIGIJATENG.ID – Freezer merupakan bagian dari kulkas yang biasanya digunakan untuk membuat es batu dan membekukan bahan makanan seperti daging, ikan dan sebagainya agar dapat tetap segar dan tahan lama.

Sebenarnya pada kenyataannya freezer harus dapat dijaga kebersihannya supaya dapat berfungsi dengan baik. Jika tidak, maka freezer bisa menjadi bau dan mudah rusak.

Meski begitu, saat membersihkan freezer kulkas juga tak boleh sembarang sebab, jika tidak hati-hati justru freezer malah bisa konslet atau tidak bisa digunakan semestinya.

Dilansir The Kitchn, Sabtu (25/2/23), berikut ini 10 cara membersihkan freezer dengan benar.

Langkah 1: Matikan freezer

Sebelum mulai membersihkan, kamu perlu matikan pengatur pada suhu freezer supaya bunga es mencair, sehingga lebih mudah dibersihkan. Kamu juga bisa mematikan kulkas dengan mencabut kabel listrik.

Langkah 2: Kosongkan baki es

Selanjutnya, kamu perlu mengosongkan baki es yang berisi es batu. Sebagai penyimpanan sementara, kamu bisa menggunakan cooler box terlebih dahulu.

Setelah itu, rendam baki di bak cuci yang berisi campuran air hangat dan sabun pencuci piring.

Langkah 3: Keluarkan isi freezer

Setelah itu, kosongkan freezer. Keluarkan semua makanan beku dari dalam freezer, lalu masukkan ke dalam cooler atau pendingin.

Langkah 4: Lepaskan, cuci laci dan rak

Lepas dan cuci semua laci beserta rak yang dapat dilepas, lalu diamkan sejenak sebelum dibersihkan agar mencapai suhu kamar untuk menghindari retak. Setelah itu, cuci di bak cuci yang berisi air sabun hangat.

Saat mencuci, sebaiknya jangan menggunakan sabun cuci yang ada zat pewanginya. Sebab, hal itu bisa membuat berpindahnya aroma ke freezer yang pada akhirnya dapat meresap ke makanan.

Jangan lupa keringkan dan lap sampai bersih.

Langkah 5: Buat larutan pembersih

Buat larutan permbersih dari air panas dan cuka dengan perbandingan yang sama, atau 1 liter air panas dengan 2 sendok makan soda kue. Masukkan larutan ke botol semprot, lalu gunakan untuk meyemprot bagian dalam freezer.

Langkah 6: Lap bagian dalam

Lap freezer dengan spons atau lap piring. Terapkan kembali larutan pembersih sesuai kebutuhan. Untuk partikel makanan yang membandel dan menempel, semprotkan larutan pembersih kamu pada lap dan letakkan di area yang lengket. Biarkan meresap selama 10 menit, lalu bersihkan. Jika perlu, gunakan sikat gigi bekas untuk menggosok area tersebut dengan lembut.

Langkah 7: Lap bagian pintu

Jangan lupa mengelap pintu freezer dan sealnya. Anda dapat membersihkannya dengan sikat gigi bekas.

Langkah 8: Keringkan bagian dalam

Keringkan bagian dalam freezer secara menyeluruh. Gunakan handuk kertas atau lap piring untuk mengeringkannya.

Langkah 9: Pasang kembali rak dan laci

Setelah bagian dalam freezer benar-benar kering, pasang kembali rak dan laci yang telah dibersihkan dan sudah dalam keadaan kering.

Langkah 10: Masukkan kembali makanan dan es

Periksa semua isi kulkas sebelum memasukkannya kembali ke freezer. Singkirkan bahan makanan yang telah mengalami freezer burn. Jangan lupa nyalakan kembali freezernya!

Nah itulah cara yang bisa kamu terapkan untuk membersihkan freezer pada kulkas kamu. Semoga bermanfaat! (dimas)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini