Perdana ! Jemaah Haji Embarkasi Kertajati Tiba di Bandara AMMA Madinah dengan Lancar

Rombongan jemaah haji asal embakarkasi Kertajati tiba di Bandara AMMA Madinah disambut ramah petugas PPIH Arab Saudi. Foto : vian adye / sigijateng.id

Madinah (sigijateng.id– Rombongan jemaah haji Indonesia embarkasi Kertajati (KJT) Majalengka Jawa Barat kelompok terbang (kloter) pertama tiba di Bandara Prince Muhammad bin Abdul Aziz (MBAA), Madinah  melalui terminal Zero, pada Senin (29/5) sekitar pukul 07.53 WAS. 

Kedatangan rombongan jemaah haji dengan jumlah total 369 orang tersebut merupakan kali pertama sejak dibukanya penerbangan Bandara Kertajati Majalengka Jawa Barat. Dengan nomor penerbangan SV 5025 tujuan Arab Saudi.

“Iya embarkasi Kertajati (KJT) dari Jawa Barat ini merupakan penerbangan perdana yang membawa jemaah haji Indonesia dengan nomor penerbangan SV 5025 tujuan Arab Saudi,” kata Kepala Daker Bandara Madinah, Haryanto kepada tim MCH  Minggu (28/5).

Rombongan jemaah haji asal embakarkasi Kertajati tiba di Bandara AMMA Madinah disambut ramah petugas PPIH Arab Saudi. Foto : vian adye / sigijateng.id

Sementara itu, salah satu jemaah haji embarkasi Kertajati (KJT) kloter  1 mengaku senang bisa tiba di Madinah dengan selamat. 

“Alhamdulilah., tidak ada kendala selama menempuh waktu berjam-jam penerbangan. Senang dan lega bisa tiba dengan selamat hingga di Bandara Madinah,” ujar Abdullah (47) sembari tersenyum bahagia.

Ia mengungkapkan, selama penerbangan seluruh jemaah yang tergabung dalam rombongan kloter 1 ini semuanya dalam kondisi sehat. 

Musim haji 1444H/2023M ini, Embarkasi Kertajati  memberangkatkan 24 kloter jemaah haji Jawa Barat yang berasal dari tujuh kabupaten/kota, yaitu: Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Subang. 

Kloter KJT-01 tersebut berisi 369 jemaah haji asal Kabupaten Majalengka, Jawa Barat dan 5 petugas kloter yang melekat, sehingga total keseluruhannya adalah 374 orang. Dari angka tersebut, 50 orang di antaranya adalah jemaah lanjut usia (lansia) terdiri dari 29 laki-laki dan 21 perempuan. 

Setelah melalui proses imigrasi, ratusan jemaah haji dari Majalengka ini diangkut menggunakan 9 bus ke hotel Front Tiba yang ada di dekat Masjid Nabawi, Madinah. 

Diberitakan sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas melepas keberangkatan jemaah haji kloter pertama dari Embarkasi Kertajati (KJT-01) di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (28/5/2023) malam waktu setempat. 

“Ini merupakan penerbangan pertama untuk jemaah haji di Jawa Barat bagian utara,” ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas di Majalengka.

Gus Yaqut juga sempat berbincang dengan para jemaah haji di Bandara Kertajati. Khusus kepada jemaah haji lansia, Menag berpesan agar tetap menjaga kondisi fisik selama beribadah. 

“Kalau butuh apa-apa, segera minta bantuan petugas, jangan sungkan-sungkan,” pesan Menag. (Vian)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini