Naskah Pendek Sambutan Pemberangkatan Atau Pelepasan Jenazah Mewakili Keluarga

Ilustrasi: Naskah Pendek Sambutan Pemberangkatan Jenazah Mewakili Keluarga. ( foot instagram)

SIGIJATENG.ID –  Salah satu hal yang anjurkan dalam Islam adalah menyegerakan penguburuan orang yang meninggal dunia.

Meski dianjurkan untuk menyegerakan, namun pada umumnya tetap ada proses atau acara pemberangkatan atua Pelepasan Jenazah.

Acara pemberangkatan atau pelepasan jenazah biasanya dipimpin oleh modin, atau ulama’, atau kiai, yang biasa memimpin pemakaman mayat.

Pada acara pemberangkatan atau pelepasan jenazah ini diawali dengan serangkaian acara. Salah satu acara pelepasan jenazah adalah adanya sambutan-sambutan

Susunan acara disampaikan oleh seorang MC atau pembawa acara. Kemudian susunan acaranya, biasanya yakni pembukaan, kata sambutan dari wakil keluarga sohibul musibah, kata sambutan dari sesepuh / perwakilan warga yang bisa biasanya dilakukan oleh tokoh masyarakat, ketua RT, Ketua RW atau yang lain. Kemudian dilanjut dengan prosesi pemberangkatan jenazah yang dipandu oleh modin atau tokoh agama yang bertuga.

Dalam artikel ini, akan disampaikan contoh teks kata sambutan pemberangkatan atau pelepasa jenazah mewakili keluarga atau sohbuk musibah.

Teks naskah ini hanya panduan saja, jadi Anda bisa memodifikasi disesuaikan dengan situasi, kondisi dan lingkungan yang ada.

Berikut teks naskah pendek kata sambutan mewakili keluarga saat Pemberangkatan Jenazah:

BACA JUGA: Mewakili Warga, Berikut Naskah Pendek Sambutan Pemberangkatan Atau Pelepasan Jenazah

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Bismillahirrohmaanirrohiim

Alhamdulillahirobbil aalamin, washolaa tuassalaamu’alaa asrofil anbiyaai wal mursaliin, wa alaa aalihi waashaabihi azmain, Asyhadu anlaa ilaaha ilallaah wahdahu laa syari kalah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu warosuluh. Allohumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad, wa alaa aali sayyidinaa Muhaamd. Amma ba’du.

Allah berfirman: Kullu Nafsin Daiqotul Maut

Yang kami hormati Bapak Ustadz………..

Yang kami hormati…………………..

Serta Bapak Ibu para pelayat yang Insya Allah selalu dirahmati Allah.

Pertama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Sang Maha Pencipta karena atas karunia dan berkah-Nya jualah kita dapat berkumpul ditempat ini dengan keadaan sehat wal afiat. Tak lupa pula, marilah bersama-sama kita lantunkan sholawat serta salam kepada junjungan kita Nabi Besar, Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Bapak-Bapak, Ibu-ibu, Saudara-saudari yang kami hormati

Mohon maaf sebelumnya. Izinkan kami berdiri disini mewakili keluarga besar ….. untuk mengucapkan ribuan terima kasih kami kepada Bapak Ibu sekalian yang telah meluangkan waktunya untuk bertakziah di kediaman kami ini. Dimana salah satu anggota keluarga yang ada di rumah ini yaitu fulan bin fulan (fulanah binti fulan) beberapa saat yang lalu telah kembali kepada Sang Maha Pencipta, Allah SWT. Semoga takziah yang kita lakukan ini dapat menjadi penghibur dari keluarga yang ditinggalkan.

Atas nama keluarga, pesempatan kali ini juga, kami ini memohon maaf atas semua kekhilafan almarhumah semasa hidupnya. Mohon maaf yang sedalam-dalamnya jika dalam perbuatan maupun ucapan beliau ada yang kurang berkenan di hati Bapak, Ibu, dan saudara sekalian. Kami juga memohon kiranya, jika beliau memiliki sangkutan hutang, dapat menghubungi pihak keluarga agar dapat segera diselesaikan.

Namun jika kiranya Bapak / Ibu/ Sadara memiliki sangkutan hutang kemudian mengikhlaskan, maka kami sampaikan terima kasih dan semoga menjadi amal jariyah Bapak/Ibu Saudara.

Bapak-Bapak, Ibu-ibu, Saudara-saudari yang kami hormati

Marilah kita memanjatkan do’a kepada Allah SWT, mudah-mudahan almarhum/almarhumah meninggal dalam husnul khotimah, diampuni segala kesalahan jenazah yang pernah dilakukan selama hidup didunia senantiasa diampuni oleh Allah Swt.

Mudah-mudahan segala amal kebaikan senantiasa diterima disisi Allah, dan mendapatkan rahmat serta tempat yang luas, dan jauh dari siksa Allah, dan mudah-mudahan pula dimasukkan ke dalam Surga Allah. Aamin.

Dan sekiranya, bapak/ibu dan saudara juga berkenan mengantar jenazah sampai ke pemakaman.

Demikian terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Itulah contoh tek naskah kata sambutan mewakili keluarga saat pelepasan jenazah. Semoga bermanfaat. Aamiin. (asz)

Berita Terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here