Musim Kolaborasi antar Brand, JNE Ngajak Online 2023 Goll..Aborasi Hadirkan Pelaku UMKM Sukses di Kota Semarang

Acara bincang-bincang dengan pelaku UMKM di Kota Semarang daam rangka JNE Ngajak Online 2023 Goll..Aborasi Kota Semarang, Kamis (8/6/2023). ( foto tangkapan layer zoom)

SEMARANG (sigijateng.id )  – Terus mengeliatnya olshop (online shoping), direspon JNE dengan meluncurkan program unggulan.  Tahun ini, JNE kembali menghadirkan program unggulan tahunan, JNE Ngajak Online 2023 Goll..Aborasi di 10 kota besar yang tersebar di Indonesia.

Peluncuran di Kota Semarang ditandai dengan gelaran acara JNE Ngajak Online 2023 Goll..Aborasi, hari ini, Kamis (8/6/2023).  JNE Ngajak Online 2023 Goll..Aborasi adalah forum bincang bersama pelaku bisnis dengan memberikan edukasi strategi penjualan di era digital untuk meningkatkan potensi Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam berbisnis. Sebelumnya sudah sukses diselanggaran di Jakarta dan Bandung.

JNE Ngajak Online 2023 Goll..Aborasi: “Creativolution” di Kota Semarang digelar secara hybrid di Lot 28 & Santé, serta live streaming via Zoom dan YouTube Channel JNE ID. Dalam acara ini, para UKM dapat berdiskusi bersama pembicara dari kalangan bisnis model yang berbeda-beda seperti Luthfi Safitri Zein, Head of Roket Indonesia, Sebastian Surya, Owner PATROBAS, Lintang Naresworo, Owner BUCK STORE, dan Milatina NH, Influencer, serta didampingi Adheniar sebagai Master of Ceremony (MC).

Wahyu Sangerti Alam, Kepala Cabang JNE Semarang, membuka acara dengan menyampaikan dukungan JNE terhadap UKM di Semarang untuk semakin meningkat, “Pertama-tama, kami dari JNE mengucapkan terima kasih atas semua partisipan yang telah meluangkan waktunya hari ini untuk ikut JNE Ngajak Online 2023 di Semarang. Melalui acara ini, JNE juga turut mendukung agar potensi UKM dalam berbisnis di Semarang bisa meningkat.”

Pemanfaatan fitur daring (online) dalam meningkatkan branding suatu produk, diimplementasikan oleh Sebastian terhadap merek PATROBAS miliknya. Upaya PATROBAS untuk menggunakan fitur daring dimanfaatkan agar dapat memancing market yang lebih efisien, tanpa perlu bergantung terhadap operasional secara luring (offline). “Tidak dapat dipungkiri bahwa proses kreasi untuk mencari ide itu perlu mengikuti tren agar dapat diadopsi dalam konten bisnis kita. Terutama dengan adanya pergeseran mindset masyarakat Indonesia yang lebih bangga menggunakan produk lokal, saya rasa pemanfaatan fitur daring untuk konten bisnis itu cukup penting,” ucap Sebastian.

Mengikuti upcoming trend juga disetujui oleh Milatina agar dapat menarik pelanggan untuk membeli produk bisnis yang dipromosikan. Namun, Milatina menekankan pentingnya memiliki branding style sendiri yang menjadi ciri khas bisnis agar dapat menarik pelanggan secara masif. “Ketika sedang mempersiapkan launching di toko Zappelin, produk yang sudah saya bangun pun dicontek oleh bisnis lainnya dengan cara menjatuhkan harga pasar. Di saat itu saya sadar bahwa kekuatan branding style dengan ciri khas sendiri, sebenarnya merupakan bukti bahwa produk saya itu bagus dan menarik untuk dicuri orang lain,” pungkas Milatina.

Lintang menyetujui pernyataan Milatina terkait pengaruh branding style dalam bisnis, “Branding style juga saya manfaatkan dengan memilih segmentasi yang mengerucut untuk kelompok anak muda yang suka nongkrong dan bermain papan seluncur (skateboard).” Perjalanan Lintang dalam mengembangkan bisnisnya juga perlu untuk melewati berbagai rintangan. Salah satu tips yang cukup penting bagi Lintang dalam mengembangkan toko BUCK STORE adalah dengan menjalankan bisnis yang sesuai dengan passion.

Menurut Sebastian, kolaborasi antar merek atau yang sering dikenal dengan cross marketing digunakan agar dapat menjangkau pelanggan lebih banyak. “Sudah bukan musimnya untuk bersaing, tapi sekarang musimnya kita berkolaborasi antar merek,” ujar Sebastian.

Sebagai salah satu influencer dengan bisnis busana muslim yang tembus hingga mancanegara, Milatina menambahkan, “Kolaborasi tidak hanya dapat dilakukan antar merek. Sebagai influencer dan pemilik bisnis busana muslim, saya yakin bahwa usaha yang totalitas dapat menjaga kepercayaan merek endorsement dan meningkatkan brand awareness.”

Upaya BUCK STORE milik Lintang untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan mengikuti upcoming trend yang dikemas lucu dan menghibur. Target kelompok BUCK STORE yang niche juga disinggung oleh Lintang, “Memanfaatkan upcoming trend itu cukup krusial untuk menarik pelanggan membeli produk kita. Sehingga, saya yakin bahwa menggunakan fitur daring itu bisa membantu bisnis UKM di Semarang untuk semakin meningkat.”

Di penghujung acara, Luthfi membuka diskusi berkelanjutan dengan menyampaikan dukungan Roket Indonesia terhadap potensi UKM untuk meningkat, “Di Roket Indonesia, kita sedang membangun ekosistem kiriman instan yang bisa dilakukan secara lokal maupun internasional. Unique Selling Point kita adalah dengan mengirimkan barang dibawah satu jam.” Selain itu, Roket Indonesia juga memiliki gudang khusus untuk teman-teman UKM yang ingin menaruh barangnya agar dapat langsung dikirimkan ke pelanggan. Dengan berkolaborasi dengan JNE, Luthfi menegaskan pentingnya memanfaatkan customer marketing untuk UKM di Semarang dalam meningkatkan branding produknya.

JNE Ngajak Online Goll..Abroasi 2023 akan dilaksanakan di tujuh kota besar Indonesia lainnya dengan menghadirkan sejumlah pembicara yang piawai dalam dunia bisnis. Nantikan kegiatan dan program JNE lainnya melalui Instagram  JNE Express @JNE_ID.  (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini