Momen Pj Bupati Batang Cicipi Buah Durian, Lani : Kualitas Buah Lokal Mampu Bersaing dengan Buah Terkenal

Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki dan kepala Dispaperta Batang Susilo Heru Yuwono mencicipi buah durian lokal Batang. Foto : Diskominfo Batang

Batang (sigijateng.id) –  Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengapresiasi festival buah nusantara yang dilaksanakan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) Kabupaten Batang dan di gelar di halaman kantor bupati Batang.

Dia juga tidak menyangka jika Batang memiliki potensi buah uanggulan yang mampu bersaing dengan buah terkenal lainnya.

“Saya tidak menyangka festival buah ini digelar meriah dan antusiasnya juga sangat bagus. Buahnya pun bisa bersaing dengan buah terkenal lainya,” kata Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki usai membuka kegiatan, Rabu 22 Februari 2023.

Berbagai buah lokal unggulan yang dipajang, di antaranya buah durian, alpukat, jeruk, manggis, pepaya, kelengkeng dan sayur-sayuran. Lani juga berkesempatan mencicip dan memakan buah yang dipajang di beberapa stand.

“Tadi saya mencicipi buah durian jenis milky, ternyata durian lokal Kabupaten Batang rasanya enak, manis, legit, tadi juga mencoba alpukat kendil, saya yakin buah lokal Batang bisa bersaing karena kualitasnya sangat bagus,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dispaperta Batang Susilo Heru Yuwono mengatakan festival buah nusantara sebagai langkah awal untuk menggali potensi buah lokal Batang dan untuk meningkatkan daya saing di pasaran.

Festival buah nusantara yang diselenggarakan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) Kabupaten Batang. Foto : Diskominfo Batang

“Acara ini untuk pemanasan karena nanti ke depan kami bakal menggelar kegiatan-kegiatan yang tujuannya untuk mengangkat buah lokal unggulan di Batang. Initinya kita mengenalkannya kepada masyarakat dan meningkatkan daya saing buah lokal Batang,” kata Heru.

Selain pameran beragam buah nusantara, Dispaperta juga menggelar kontes buah durian dan alpukat. Tujuannya buah pemenang kontes akan disertifikasi dan diberi nama oleh Pj Bupati Batang.

“Impian kita buah durian dan alpukat lokal menjadi tujuan pecinta buah. Oleh karena itu akan kita kembangkan di sini bukan di luar wilayah kita, ,” imbuh Heru.

Heru mengungkapkan pihakanya mengenalkan buah durian jenis milky yang memiliki ukuran kecil dan harganya pun sangat bersahabat.

“Ini menjadi salah satu buah unggulan, milky ini bentuknya kecil tapi kemantapan rasanya luar biasa. Harganya masih bisa terjangkau untuk masyarakat menengah ke bawah,” tuturnya. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini