Mewakili Warga, Berikut Naskah Pendek Sambutan Pemberangkatan Atau Pelepasan Jenazah

Ilustrasi: Naskah Pendek Sambutan Pemberangkatan Jenazah Mewakili Warga

SIGIJATENG.ID –  Dalam prosesi pemakaman jenazah, ada kebiasaan di lingkungan kita yakni adanya upacara pemberangkatan atau pelepasa jenazah.

Acara ini biasanya dilakukan ketika mayat sudah siap diberangkatkan menuju makam. Bagi jenazah muslim, ketika sudah dalam kondisi sudah dimandikan, sudah dikafani, dan juga sudah disholati. Soal sholat jenazah, memang ada jenazah yang disholati di rumah duka, namun juga ada yang dibawa ke masjid atau mushoa terdekat. Setelah disholati, jenazah diantara ke makam untuk dimakamkan.

Dalam susunan acara pemberangkatan atau pelepasan jenazah, biasanya, selain ada sambutan dari wakil keluarga, ada juga sambutan singkat dari wakil warga atau masyarakat.

Sambutan warga/masyarakat biasanya disampaikan oleh ketua RT, ketua RW, kades, atau tokoh masyarakat.

Dalam artikel ini, akan disampaikan contoh teks kata sambutan pemberangkatan atau pelepasan jenazah mewakili warga atau masuarakat.

Berikut teks naskah pendek kata sambutan pemberangkatan/ pelepasan jenazah mewakili warga atau masyarakat.

BACA JUGA: Naskah Pendek Sambutan Pemberangkatan Atau Pelepasan Jenazah Mewakili Keluarga

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Bismillahirrohmaanirrohiim

Alhamdulillahirobbil aalamin, washolaa tuassalaamu’alaa asrofil anbiyaai wal mursaliin, wa alaa aalihi waashaabihi azmain, Asyhadu anlaa ilaaha ilallaah wahdahu laa syari kalah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu warosuluh. Allohumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad, wa alaa aali sayyidinaa Muhaamd. Amma ba’du.

Yang kami hormati Bapak/ ibu ………..

Yang kami hormati…………………..

Serta Bapak Ibu para pelayat yang Insya Allah selalu dirahmati Allah.

Pertama dan utama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Sang Maha Pencipta karena atas karunia dan berkah-Nya jualah kita dapat berkumpul ditempat ini dengan keadaan sehat wal afiat. Tak lupa pula, marilah bersama-sama kita lantunkan sholawat serta salam kepada junjungan kita Nabi Besar, Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Bapak-Bapak, Ibu-ibu, Saudara-saudari yang kami hormati

Hari ini, Bapak/Ibu / Sdr… telah dipanggil Allah. Tentu kita berduka atas perginya alamrhum/almarhumah, namun kita harus ikhlas melepas kepergiannya.

Dan kejadian ini, hendaknya menjadi pelajaran dan peringatan bagi kita, bahwa kita semua juga akan seperti almarhum/almarhumah.

Selain kedatangan kita datang di sini untuk bertakjiyah, memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum/almarhumah, dan untuk menyampaikan rasa duka cita kepada keluarga, namun juga untuk mengambil hikmah, mengambil pelajaran. Peristiwa ini mengingatkan kita semua, bahwa setiap manusia akan meninggal dunia dan dibutuhkan bekal menuju akhirat yakni amal sholeh.

Selanjutnya, mari kita doakan bersama, semoga Almarhum / Almarhumah meninggal dalam kondisi husnul khotimah. Diampuni dosa-dosanya, dan diterima amal ibadahnya. Serta keluarga yang ditinggal selalu, sabara, tabah dan ikhlas melepas kepergian alrmahum/alamarhumah.

Dan saya mengajak kepada Bajap/Ibu / Saudara untuk dengan ikhlas memaafkan semua kesalahan almarhum/almarhuman kepada kita semua, baik disengaja atau tidak disengaja.  Insyas Allah, saya sebagai pribadi dan keluarga dengan ikhlas memaafkan semua kesalahan almarhum/almarhumah.

Sedangkan terkait dengan pinjaman atau hutang piutang almarhum /almarhum kepada bapak/ibu/ sdr, agar bapak/ ibu/ sdr sesegera menghubungi  pihak keluarga untuk penyelesaiannya.

Bapak/Ibu / Saudara yang dirahmati Allah.

Kita semua ini adalah tetangga, teman, sahabat dari almarhum/almarhumah. Dan kita juga tahu bagaimana almarhum / almarhum saat masih hidup. Sebagai  manusia tentu ada keasalahan, namun disisi lain tentu juga memilki banyak kebaikan.

Bagi kami, almarhum/almarhum adalah orang yang baik, almarhum adalah ahli khoir. Dan dalam dalam kesempatan ini, sebelum jenazah almarhum diberangkatkan ke makam untuk diikubur, kami meminta kesaksian kepada bapak/ibu/sdr kalau alamarhum/almarhumah ini adalah orang baik, ahli khoir.  Bagaimana bapak/ ibu/Sdr, almarhum/almarhuma orang baik..?, tiyang sae…?, ahli khoir..?…..    Alhamdulillah, dengan kesaksian bapak/ibu/sdr bahwa almarhum adalah ahli khoir, orang baik, semoga Allah mengampuni dosa-dosanya, membebasaknya dari siksa kubur dan dimasukkan ke Surga-Nya.

Saya mengucapkan terima kasih kepada bakap/ibu/sdr yang hadir di sini, semoga ini menjadi amal sholeh bapak/ibu/sdr semua.

Demikian sambutan ini,  jika ada kesalahan dalam tutur kata kurang berkanan saya mohon maaf sebesar-sebesarnya.

Mudah-mudahan segala amal kebaikan senantiasa diterima disisi Allah, dan mendapatkan rahmat serta tempat yang luas, dan jauh dari siksa Allah, dan mudah-mudahan pula dimasukkan ke dalam Surga Allah. Aamin.

Dan sekiranya, bapak/ibu dan saudara juga berkenan mengantar jenazah sampai ke pemakaman.

Demikian terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Itulah contoh tek naskah kata sambutan pemberangkatan atau pelepasan jenazah mewakili warga / masyarakat. Semoga bermanfaat. Aamiin. (asz)

Berita Terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here