Mewakili Pemkot Semarang, USM Ikut Festival Inovasi di Makassar

Koordinator Tim USM, Dr Drs H Kukuh Sudarmanto S.Sos SH MH MM. ( foto usm)

SEMARANG (sigijateng.id) – Universitas Semarang (USM) mendapat kepercayaan dari Wali Kota Semarang, Ir Hj Hevearita Gunaryanti Rahayu M Sos untuk mewakili Kota Semarang dalam Festival Inovasi di Makassar Sulawesi Selatan pada Sabtu, 29 April 2023.

Koordinator Tim USM, Dr Drs H Kukuh Sudarmanto S.Sos SH MH MM, surat penunjukkan dari Wali Kota ditandatangani Sekretaris Daerah Kota Semarang, Ir Iswar Aminudin MT. Tugas tersebut direspons Rektor USM, Dr Supari ST MT dengan menyiapkan tim untuk mengikuti kegiatan nasional tersebut.

”Pak Rektor menunjuk saya sebagai koordinator tim. Saya nanti didampingi Ketua LPPM USM, Prof Dr Ir Hj Mudjiastuti Handajani MT dan dosen FT USM, Dr H Edi Susilo ST MT. Pak Rektor sudah menyiapkan ubo rampenya,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/4/2023).

Dia mengatakan, di Makassar nanti, pihaknya akan menampilkan temuan hasil riset dari Dr H Edi Susilo ST MT tentang sistem pipa resapan horizontal. Selain itu juga akan menampilkan temuan hasil riset Prof Dr Ir Hj Mudjiastuti Handajani, MT tentang sistem monitoring dan passenger information system bus trans Semarang.

”Festival Inovasi Pemerintah Daerah ini merupakan puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII Tahun 2023 pada 29 April 2023 di Kota Makasar, Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Menurutnya, keunggulan pipa resapan horisontal adalah daya resapan air ke dalam tanah dapat mencapai 20 kali lebih besar daripada sumur resapan, bahan, pembuatan, dan pemasangan mudah. Selain itu juga bisa mengatasi permasalahan banjir, kekurangan air tanah, meminimalisasi amblesan tanah, dan mencegah intrusi air laut.

”Dapat juga digunakan untuk muka air tanah dangkal, pemeliharaan mudah, dan harga relatif lebih murah,” jelasnya.

Adapun keunggulan sistem monitoring dan passanger information system bus trans Semarang yaitu memberikan informasi yang akurat jadwal kedatangan dan keberangkatan bus, memberikan informasi posisi bus, kecepatan, plat nomer, headway, meningkatkan pelayanan angkutan transportasi umum Kota Semarang.

”Selain itu juga mengubah perilaku masyarakat dari menggunalan kendaraan pribadi ke angkutan umum massal (bus Trans Semarang), menciptakan Smart City yang ramah lingkungan, bebas polusi, cerdas dan modern serta meningkatkan perekonomian masyarakat dan pendapatan Kota Semarang,” ungkapnya.

Menurut Kabag Kerja Sama dan Otonomi Daerah Kota Semarang, HM Yenuarso SIP MM, Pemkot Semarang menunjuk USM untuk.mewakili Festival Inovasi di Makassar tersebut setelah lolos melalui seleksi internal.

”USM adalah perguruan tinggi yang menjadikan Kota Semarang sebagai laboratorium penelitian dari berbagai aspek keilmuan,” kata Yenuarso.

Menurut rencana Wali Kota Semarang Ir Hj Heveatita G Rahayu M Sos ( Mbak Ita) dan Sekretaris Daerah Kota Semarang Ir Iswar Aminudin MT hadir dalam Festival Inovasi di Makassar tersebut. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini