Mengenal Xenophobia: 4 Gejala Xenophobia yang Wajib Kamu Tahu!

Gejala Xenophobia yang Wajib Kamu Tahu! (foto : pixabay)

SIGIJATENG.ID – Apakah kamu pernah mendengar istilah Xenophobia?

Dilansir dari Halodoc, Xenophobia merupakan istilah psikologis yang berarti takut pada orang asing.

Orang yang memiliki salah satu jenis fobia spesifik ini memiliki ketakutan pada orang asing atau tidak dikenal. Seseorang yang xenophobia mungkin merasa kesal dan cemas saat berhadapan atau berada di sekitar orang yang asing atau tidak ia kenali.

Tidak seperti fobia pada umumnya, kondisi ini biasanya ditunjukkan dengan ketidaksukaan atau kebencian yang intens terhadap orang yang dianggap berbeda.

Ia yakin bahwa kelompoknya lebih unggul, dan berusaha untuk menjauhkan orang tersebut dari lingkungannya.

Oleh karena itu, xenophobia seringkali disamakan dengan rasisme dan homofobia. Namun, sebenarnya, xenofobia berbeda dengan 2 kondisi tersebut.

Bila rasisme dan homofobia merupakan bentuk diskriminasi yang didasarkan atas karakter yang spesifik, xenophobia justru berangkat dari pemikiran bahwa orang di luar kelompoknya adalah orang asing.

Kondisi ini dapat berkembang menjadi intoleransi pada orang dengan budaya atau latar belakang yang berbeda.

Dikutip dari Better Help, xenophobia tidak diakui sebagai gangguan kesehatan mental dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders. Namun, American Psychiatric Association menganggap bahwa xenophobia lebih kepada masalah budaya atau sosial daripada psikopatologi.

Nah, berikut 4 gejala atau ciri-ciri orang yang mengalami xenophobia!

  1. Merasa tidak nyaman di sekitar orang asing

Ciri yang terlihat pada xenofobia adalah perasaan tidak nyaman di sekitar orang asing. Apalagi jika orang tersebut berada dalam kelompok dengan latar belakang atau budaya yang berbeda. Kecemasan ini juga tercermin dari ketidak inginannya untuk berinteraksi dengan orang yang tidak dikenalnya.

  1. Menolak untuk berteman dengan orang asing

Selain merasa tidak nyaman dengan orang asing, orang yang mengalami xenofobia juga menolak berteman dengan orang hanya karena perbedaan warna kulit, pakaian, atau faktor eksternal lainnya.

Orang dengan xenophobia juga mengungkapkan ketidaksukaan terhadap makanan, musik, atau aspek lain dari budaya kelompok tertentu, meskipun hanya mengetahui sedikit tentang mereka.

  1. Adanya rasa memusuhi orang asing

Ciri xenophobia selanjutnya adalah meningkatnya permusuhan terhadap orang asing. Orang yang menderita xenofobia percaya bahwa cara berpikir, berperilaku, atau hidup orang asing sangat berbeda dari cara mereka sendiri.

Keyakinan ini menyebabkan orang dengan xenofobia memperlakukan orang lain dengan kasar dan bermusuhan. Bahkan diklaim bahwa alien berbahaya atau memiliki sikap kriminal, tanpa bukti apapun.

  1. Berusaha menghindari area tertentu

Seseorang yang menderita xenophobia tidak ingin datang atau berada di suatu daerah di mana mereka merasa banyak orang asing atau orang-orang dari latar belakang yang berbeda dari diri mereka sendiri. Bahkan keengganan itu disertai dengan tatapan tidak suka.

(dimas)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini