Kaya Khasiat, Buah Kurma Jadi Buruan Para Jemaah Haji

Buah Kurma menjadi buruan para jemaah haji, lantaran memiliki banyak khasiat. Foto : vian adye / sigijateng.id

Madinah (sigijateng.id) – Buah Kurma menjadi buruan para jemaah haji untuk oleh-oleh ke tanah air. Selain memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, kurma muda selalu diburu jemaah haji Indonesia.

Kurma muda untuk oleh-oleh bagi yang belum kunjung hamil. Entah itu untuk dirinya sendiri, saudaranya, keponakannya ataupun untuk temannya.

Tak sekadar makanan manis, kurma memiliki beragam kemanfaatan bagi tubuh. Di antaranya membantu mencegah kanker, menjaga kesehatan kulit, hingga kesehatan mata karena mengandung vitamin A.

Salah seorang jemaah haji asal Jakarta, Sundari rela memungut kurma muda yang terjatuh dari pohon kurma. “Ini buat temanku biar cepat hamil,” ucapnya dengan penuh perhatian.

Apalagi mengonsumsi kurma muda jauh lebih, cukup dimakan buahnya secara langsung tanpa harus diolah terlebih dahulu. Sehari bisa tiga kali memakannya.

“Mengonsumsi kurma baiknya dalam hitungan ganjil,” kata Sundari yang meyakini khasiat makan kurma ganjil.

Menurut dr Tejo Katon, petugas haji Daker Madinah, menyarankan menambah jumlah butiran kurma muda, saat pasangan suami istri (pasutri) sedang melakukan hubungan badan.

“Silahkan mengonsumsinya sekitar satu jam setelah berhubungan badan, ya. Agar hasilnya optimal, usahakan untuk mengonsumsi kurma muda tersebut setiap hari,” katanya.

Jika kurang suka dengan tekstur kurma muda, bisa mengonsumsi kurma muda dengan cara diseduh dengan air panas. Atau dimasak hingga mendidih, diamkan hingga suhu sedikit menurun, dan bisa langsung meminumnya.

Bahkan bisa dengan menambahkan madu murni secukupnya dan sedikit perasan lemon. “Usahakan rutin mengonsumsinya pada pagi dan malam hari,” tuturnya.

Tak hanya itu, lanjut dr. Tejo, kurma muda bisa ditumbuk sampai teksturnya halus. Kalau sudah, tambahkan kuning telur ayam kampung dan susu, lalu aduk hingga rata. Ini bisa dikonsumsi rutin setiap dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.

Bisa juga dicampurkan dengan jus buah-buahan lainnya seperti apel, tomat, dan wortel. Sebagai penambah rasa manis, bisa menambahkan madu secukupnya.

Tidak hanya dimakan langsung atau diolah menjadi minuman, bisa juga diolah menjadi bubur. Caranya ditumbuk beberapa butir kurma muda kering sampai halus. Bisa melakukan inovasi dengan bubur nasi yang ditambah dengan madu murni. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini