Kamu Perlu Tau, Berikut 5 Situs Website untuk Belajar TOEFL

Situs Website untuk Belajar TOEFL (Foto: freepik)

SIGIJATENG.ID – TOEFL singkatan dari Test of English as a Foreign Language, merupakan sebuah tes yang terstandarisasi untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang tanpa dikaitkan secara langsung dengan proses belajar mengajar.

Belajar TOEFL di era sekarang sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Seberapa jauh kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris dapat diukur dari besar skor TOEFL yang dimiliki, dibuktikan dengan sertifikat TOEFL.

Sertifikat TOEFL menjadi sangat penting untuk beberapa hal di masa depan, seperti untuk melamar pekerjaan, mendaftar beasiswa kuliah, atau lainnya.

Di beberapa kampus, bahkan menjadikan TOEFL sebagai syarat tambahan untuk bisa menempuh gelar sarjana.

Saat hendak mengikuti ujian TOEFL, tentu terlebih dahulu harus mempersiapkan berbagai hal, terutama dengan memperbanyak latihan soal, dan menambah kosakata dalam bahasa Inggris.

Untuk itu, berikut SIGI JATENG berikan rekomendasi 5 situs website untuk belajar persiapan ujian TOEFL. Bahkan diantaranya ada yang bisa diakses secara gratis lho!

5 Website Belajar TOEFL

  1. 4tests.com

Website ini menyediakan latihan ujian online, baik untuk pendidikan, komputer ataupun profesional.

Pada latihan ujian untuk pendidikan, salah satunya terdapat latihan untuk TOEFL. Soal latihan TOEFL yang disediakan website ini terdiri dari 3 bagian listening, dan 1 bagian untuk reading dan structure. Adapun jumlah soalnya ialah 31 soal listening part 1, 10 soal listening part 2, dan 12 soal listening part 3. Latihan soal untuk bagian reading terdiri dari 28 soal dan 30 soal untuk bagian structure.

Tak hanya itu, website ini juga menjelaskan dengan cukup detail mengenai tujuan TOEFL serta bagian atau aspek yang diujikan beserta waktu pengerjaannya. Mengenai apa yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan juga dijelaskan dalam website ini. Menariknya, terdapat juga tips menghadapi ujian TOEFL.

  1. Examenglish.com

Website ini menyediakan berbagai macam latihan soal untuk ujian IELTS, TOEFL, TOEIC yang bisa diakses secara gratis. Pembahasan pada website ini mencakup TOEFL IBT dan TOEFL PBT. Penjelasannya meliputi perbedaan diantara keduanya, lokasi dan biaya ujian, dan yang pasti latihan soal-soal sesuai dengan aspeknya.

Dari setiap aspek materi yang akan diujikan, reading, speaking, dan listening terdapat lebih dari 5 soal latihan yang bisa dikerjakan.

Selain itu, website ini juga memberikan tips untuk listening dan reading.

  1. Learn4good.com

Website ini menyediakan berbagai macam pembelajaran dan informasi tentang bahasa Inggris, termasuk grammar, TOEFL, latihan, tes online, dan lain-lain.

Dalam website ini dijelaskan secara detail mengenai TOEFL, khususnya IBT. Penjelasannya meliputi tujuan tes, cara penilaian, jumlah soal pada setiap sesi, dan waktu pengerjaan tes.

Selain itu, terdapat juga berbagai macam materi TOEFL dan soal latihan dengan topik tertentu. Informasi lain yang disediakan diantaranya ialah kursus dan sekolah bahasa di berbagai negara. Bahkan, daftar universitas di berbagai negara juga ada. Semua materi, latihan soal, dan informasi penting lainnya tersebut bisa Anda akses dan dapatkan secara gratis.

  1. Toeflibtcourse.com

Pada website ini tersedia latihan soal-soal terkait dengan aspek ujian TOEFL. Dari tiap bagian aspek bahan ujian TOEFL terdapat beberapa soal latihan yang dapat kita kerjakan dalam waktu tertentu.

Selain itu, website ini juga menyediakan latihan tes online yang memuat keseluruhan aspek.

  1. Engvid.com

Website ini berisi video-video pembelajaran dengan berbagai macam jenis topik seputar bahasa Inggris. Topik-topiknya meliputi IELTS, TOEFL, TOEIC, grammar, expressions, speaking, slang, pronunciation, dan masih banyak lagi. Menariknya, terdapat 10 teachers yang akan mengajarkan topik-topik tersebut sesuai dengan keahliannya.

Video-video pembelajaran dalam website ini juga bisa diakses secara gratis.

Nah itu dia 5 rekomendasi website untuk belajar TOEFL. Semoga bermanfaat! (dimas)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here