Jangan Ngasal! Begini Cara Membersihkan Headphone atau Earbuds yang Benar dan Mudah

Ilustrasi orang memakai Headphone (Foto: freepik)

SIGIJATENG.ID – Headphone atau Earbuds merupakan aksesori alat dengar sederhana yang banyak digunakan oleh sebagian orang untuk mendengarkan tanpa bisa digunakan untuk komunikasi.

Headphone sendiri kerap digunakan untuk menemani seseorang dalam melewati hari-harinya, seperti mendengarkan musik sambil bekerja atau berolahraga.

Untuk itu, tak heran Headphone bisa menjadi sarang kotoran andai tak rutin membersihkannya. Kotoran-kotoran seperti kotoran kuping, sebum, atau lainnya bisa saja menempel pada perangkat tersebut.

Meski begitu, membersihkan Headphone juga tak boleh sembarangan, apalagi asal meniup dan mengelapnya secara tidak hati-hati. Sebab, hal demikian justru malah membuat perangkat tersebut cepat rusak.

Lantas bagaimana cara membersihkan Headphone yang benar? Simak ulasan berikut ini yang dikutip dari berbagai sumber.

  1. Menggunakan Kain

Untuk membersihkan Headphone, kamu bisa mengelapnya secara perlahan dengan menggunakan kain yang lembab lembut, seperti yang ada pada pakaian kamu.

Kamu bisa melakukannya satu kali seminggu. Ingat, saat membersihkannya, pastikan headphone kamu dalam keadaan mati dan tidak terhubung ke dalam ponsel. Setelahnya, segera keringkan dengan kain yang lembut.

  1. Menggunakan Sikat Lembut

Kamu bisa menggunakan sikat yang lembut untuk membersihkan bagian dalamnya. Saat melakukannya, usahakan sedekat mungkin membersihkan earbuds dengan permukaan tanah.

  1. Menggunakan kain microfiber

Melansir 9toMac5, salah satu kain yang cukup bagus digunakan adalah jenis mikrofiber. Kain tersebut bisa dibasahi terlebih dahulu dengan Clorox atau ehtyl.

Setelah itu, copot bagian karet (jika ada) pada earbuds atau headphone kamu. Kemudian, bersihkan karet tersebut dengan air segar sebelum dikeringkan.

  1. Bersihkan bungkus (casing) dan koneksi baterai

Setelah membersihkan headphone atau earbuds, jangan lupa pula membersihkan casing dan konektornya. Casing dan konektor biasanya terdapat pada headphone yang mengandalkan koneksi bluetooth atau wifi.

Untuk perangkat Airpods, Apple merekomendasikan penggunaan kain yang kering. Kamu juga bisa menambahkan alkohol jenis isopropyl untuk membersihkan konektor dan bagian dalam casing earbuds.

  1. Menggunakan Blue Tack

Blue Tack singkatnya adalah benda lengket yang bisa menempel di kaca, papan dll. Kamu bisa menggunakannya untuk mengangkat debu-debu dan kotoran yang lengket di headphone atau earpods.

Harga Blue Tack sendiri juga terjangkau dan tak sulit menemukannya. Kamu bisa membelinya di marketplace dengan harga sekitar Rp20 ribu saja.

Nah itulah cara yang tepat untuk membersihkan Headphone atau Earbuds yang kamu punya. Semoga bermanfaat! (dimas).

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini