Ini Pesan Khusus Mbak Ita Saat Melepas Calon Jemaah Haji Kota Semarang

Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu atau yang biasa disapa Mbak Ita saat melapas calon jemaah haji asal Kota Semarang, Kamis (18/5/2023). ( foto kemenag)

SEMARANG (sigijateng.id) – Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu atau yang biasa disapa Mbak Ita memberikan pesan khusus kepada calon Jemaah haji asal Kota Semarang dan petugas haji.

Pesan tersebut disampaikan pada saat kegiatan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota Semarang Tahun 1444 H/2023 M yang digelar di Aula 2 Kampus 3 UIN Walisongo, Kamis (18/5/2023),

Adapun pesan yang disampaikan Mbak Ita dalam sambutannya, diantaranya imbauan agar calon jamaah haji menjaga kesehatan.

“Cuaca di Arab Saudi cukup panas, agar tidak dehidrasi, jamaah harus banyak minum. Begitu pula bagi para petugas TPHD dari Ormas Islam, TNI, Polri, Dinkes. Kesehatan diutamakan, jaga kondisi badan agar prima dalam menjalankan ibadah haji,” kata Mbak Ita.

“Meski pandemi Covid sudah melandai, prokes harus tetap dilaksanakan. Panjenengan nanti akan bertemu dengan jamaah sedunia, rentan dengan adanya virus-virus lainnya, sehingga tamengi diri dengan menggunakan masker,” imbuh istr dari Alwin Basri, Ketua Komisi D PRD Jateng ini.

Selain itu, Ita juga memohon doa dari jemaah haji bagi kemajuan dan kesejahteraan Kota Semarang. “Titip doa untuk Kota Semarang beserta masyarakatnya, semoga diberikan keberkahan, bisa mensejahterakan masyarakat dan makin hebat,” harapnya.

Dia pun melepas jamaah, dengan harapan jamaah haji Kota Semarang memperoleh haji yang mabrur.

“Sugeng tindak, sugeng menjalankan ibadah haji. Semoga menjadi haji yang mabrur, kembali ke Kota Semarang dengan sehat dan selamat,” pungkasnya.

Bersama dengan Kakankemenag Kota Semarang, Rektor UIN Walisongo, Ketua MUI, dan Pengasuh Ponpes Asshodiqiyah, Mbak Ita menyapa langsung calon jamaah haji Kota Semarang yang akan diberangkatkan tahun ini.

Selain itu, Mbak Ita jugamemakaikan langsung atribut kepada lima orang petugas haji. Kelima petugas haji yang menerima secara simbolis seragam dari Walikota semarang yaitu, Siti Nurhayati mewakili Ketua Kloter, Moch. Fatkhuronji mewakili Pembimbing Ibadah Kloter, KH. In’am Mujahidin mewakili Petugas Haji Daerah, Setia Wikrama Dinata mewakili Tenaga Kesehatan Haji, dan Cholidah Hanum selaku PPIH Arab Saudi.

Cholidah Hanum selaku PPIH Arab Saudi menuturkan, pemakaian seragam ini sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kota Semarang kepada para petugas haji, sekaligus menitipkan jamaah haji Kota Semarang agar didampingi dan dibimbing dengan baik.

“Memakaikan rompi petugas haji, dengan maksud, Ibu Walikota memberikan dukungan kepada kami, sekaligus menitipkan jamaah haji Kota Semarang, untuk bisa didampingi, dibimbing, dilayani dengan baik, agar dapat menjalankan ibadah haji sebagaimana mestinya dan memperoleh haji mabrur,” ungkap Hanum.

“Semoga dengan atribut ini, mampu menguatkan niat kami dalam menjalankan tugas, melayani jamaah haji khususnya jamaah Kota Semarang,” imbuhnya.

Seperti diketahui, jumlah calon Jemaah haji Kota Semarang tahun ini sebanyak 1.665 orang. Calon jemaah haji Kota Semarang masuk ke kelompok terbang 8,9,10,11,12 dan 13, serta kloter 94 dan 95.

Kloter 8 bergabung dengan calon Jemaah haji asal Demak, sedangkan kloter 13 bergabung dengan calon Jemaah haji asal Kendal.

Ahmad Farid selaku Kakankemenag Kota Semarang mengatakan, berdasarkan data pada Kamis (18/5/2023), jumlah calon Jemaah haji yang melakukan pelunasan sebanyak 1.679 orang. Kemudian ada yang mutasi masuk sebanyak 62 orang dan mutasi keluar sejumlah 39 orang, serta menunda keberangkatan sebanyak 16 jamaah. Tapi masih ada perpanjangan waktu pelunasan kedua sampai tanggal 19 Mei diperuntukkan bagi 32 jamaah cadangan.

Nantinya, jamaah haji Kota Semarang akan masuk ke dalam kloter 8-13 gelombang pertama akan berangkat dari tanah air pada 25-27 Mei 2023. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini