Hukum Membaca Bismillah dan Dzikir di Kamar Mandi? Simak Penjelasan Buya Yahya

Hukum Membaca Bismillah dan Dzikir di Kamar Mandi? Simak Penjelasan Buya Yahya (foto: YouTube Al-Bahjah TV)

SIGIJATENG.ID – Dalam Islam, setiap melakukan kegiatan apapun, dianjurkan untuk selalu membaca doa, termasuk saat hendak masuk ke WC atau kamar mandi.

Masuk WC atau kamar mandi biasanya dilakukan untuk membersihkan tubuh, berwudhu, atau buang air besar dan kecil. Untuk itu, hendaknya membaca doa masuk WC agar dijauhkan oleh hal-hal buruk selama berada di dalam kamar mandi.

Kemudian saat kita harus wudhu di kamar mandi, dalam niat wudhu dan do’a wudhu tentu ada dzikir dan bismillah yang diucapkan. Lantas bagaimana hukumnya membaca bismillah dan dzikir di kamar mandi? Mari simak penjelasannya oleh Buya Yahya.

Melalui salah satu kajian yang diunggah di kanal YouTube Al-Bahjah TV, seorang jamaah bertanya tentang aturan membaca doa di kamar mandi atau WC bagi umat Islam.

“Apa hukumnya jika kita wudhu di dalam kamar mandi, apakah benar kita tidak boleh berdoa atau membaca niat di dalam kamar mandi?” tanya jamaah itu, dikutip SIGI JATENG, Kamis (19/1/23).

Menanggapi pertanyaan itu, Buya Yahya menjelaskan hukum membaca dzikir atau doa di dalam kamar mandi tidak haram, melainkan adalah makruh.

“Maka yang wudhu di dalam kamar mandi, maka hendaknya saat membaca bismillah tak usah diterangkan atau dikeraskan karena termasuk bagian daripada dzikir,” jelas Buya.

Lebih lanjut, Buya Yahya menegaskan, ada kalanya berdzikir atau sekadar mengucap bismillah hukumnya haram, yakni pada saat sesuatu kotoran keluar dari kemaluan dan anus.

Sehingga jika hanya duduk di WC atau kloset kemudian mengucap dzikir tanpa buang air maka hukumnya makruh.

“Kalau memang wudhu bismillah tidak dibaca secara jelas atau cukup dibaca di dalam hati,” papar Buya Yahya.

Berwudhu di kamar mandi hukumnya boleh dalam kondisi di luar kamar mandi banyak laki-laki bukan mahram. Terlebih kondisi tempat wudhu yang terbuka atau berbaur dengan laki-laki, maka boleh hukumnya berwudhu di kamar mandi.

“Hanya saja dzikir atau doa-doanya tidak disebutkan secara lisan hanya diucapkan dalam hati,” pungkas Buya Yahya.

(dimas)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini