Heboh Isu Penculikan Anak, Polisi Minta Masyarakat Waspada dan Tidak Panik Segera Hubungi 110

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy. Foto : Istimewa

Semarang (sigijateng.id) – Polda Jateng meminta warga Jawa Tengah untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap isu penculikan anak yang saat ini marak diberitakan di media sosial.

Yakni melalui pengawasan orang tua pada aktivitas anak, berkoordinasi dengan guru tempat anak bersekolah dan melaporkan setiap kejadian yang mencurigakan ke pihak kepolisian.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menyampaikan, pihaknya mendapat informasi ada dua kasus percobaan penculikan anak yang terjadi di Pedurungan Kota Semarang dan Kaliangkrik Magelang beberapa waktu lalu.

Beruntung aksi yang terjadi di dua lokasi tersebut gagal. Saat ini kasus kejadian tersebut kini masih didalami pihak kepolisian.

“Pada dua kejadian itu, calon korban melawan sehingga upaya penculikan gagal. Kejadian itu saat ini masih didalami kepolisian di daerah masing-masing,” kaa Iqbal dalam keterangannya, Jumat (3/2/2023).

Iqbal juga menghimbau masyarakat tidak panik dan tidak mudah menyebar informasi tentang penculikan anak yang beredar di media sosial. Berdasar fakta, diketahui banyak share media sosial yang terbukti hoax setelah dilakukan klarifikasi di lapangan.

“Ada share info penculikan anak di daerah A atau B, tetapi setelah dilakukan investigasi di lapangan ternyata tidak ada. Hal ini sering terjadi. Hoax sengaja diciptakan untuk memancing kepanikan atau keresahan di masyarakat,” bebernya.

“Saring dulu sebelum share. Jangan sampai kita turut menjadi penyebar hoax di masyarakat,” sambung Iqbal.

Menurutnya, berita hoax tentang penculikan anak dapat memancing masyarakat untuk main hakim terhadap orang yang dicurigai sebagai pelaku penculikan anak.

Iqbal meminta manakala menemukan kegiatan yang mencurigakan untuk segera melapor ke pihak kepolisian.

“Bisa melalui telepon 110, menghubungi Bhabinkamtibmas atau melaporkan ke kantor polisi yang terdekat,” tandas Iqbal. (Red)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini