Erman Suparno: Tidak Ada Dualisme di IPHI, PW dan PD Jangan Ragu dan Takut Gabung ke Kami

Ketua PW IPJHI Jateng Prof Dr KH Imam Taufiq menyerahkan IPHI Jateng Award kepada Bupati Karanganyar Jawa Tengah yang juga Ketua PD IPHI Karanganyar Juliyatmono, dalam acara peringatan Harlah IPHI ke 33 di Karanganyar, Jumat (17/3/2023). ( foto aris syaefudin/sigijateng)

Ketua PW IPHI Jateng Prof KH Imam Taufiq menyerahkan penghargaan kepada Ketua PD IPH Karanganyar Drs H Juliyatmono, MM. (foto Aris/sigijateng)

KARANGANYAR (sigijateng.id) – Semua PW dan PD Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) se Indonesia agar tidak ragu atau takut untuk bergabung dengan PP IPHI hasil Muktamar di Jakarta pada 12 Juni 2021.

Karena saat ini sudah sudah tidak ada lagi dualiesme kepemimpinanan IPHI, menyusul keluarnya putusan Mahkamah Agung (MA) yang mengalahkan gugatan Ismet Hasan Putro sebagai Ketua Umum IPHI hasil Muktamar Surabaya.

“Putusan Mahkamah Agung RI No. 480 K/TUN/2022 tertanggal 29 September 2022 telah memberikan kepastian kekuatan hukum tetap (incrach), atas Kepengurusan IPHI hasil Muktamar VII Jakarta tanggal 12 Juni 2021 dengan AHU Nomor : AHU-0000.881.01.08 TAHUN 2021 tanggal 15 Juni 2021. Jadi putusannya sudah final dan berkekuatan hukum tetap,” kata Ketua Umum PP IPHI Dr Erman Suparno dalam acara Tasyakuran dan Sarasehan memperingati Harlah IPHI ke 33 tahun 2023 di Gedung PD IPHI Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, Jumat (17/3/2023) malam.

Dalam acara tersebut juga sekaligus meresmikan kantor PD IPHI Karanganyar yang baru selesai direnovasi oleh Bupati Karanganyar Drs H Juliyatmono MM yang juga Ketua PD IPHI kabupaten Karanganyar.

Hadir Gubernur Jateng yang diwakili oleh Kepala Bakesbangpol Provinsi Jawa Tengah Khoirudin, Ketua PW IPHI Jateng Prof Dr H Imam Taufiq MA, jajaran pengurus PW IPHI Jateng, serta 18 PD IPHI Jateng. Sebanyak 4 PD mengkonfirmasi ijin tidak hadir namun bergabung via zoom.

Ketua Umum PP IPHI Dr Erman Suparno memberikan pengarahan. (foto dok iphi jateng)

“Sekarang sudah jelas dan final. Kita ini yang legal. Mari, PW dan PD yang belum.gabung segera gabung, rapatkan barisan dan bersama-sama menjalankan program yang telah disusun PP IPHI,” terang Erman.

Dikatakan Erman, IPHI adalah organisasi independen yang beranggotakan para haji seluruh Indonesia. IPHI bukanlah organisasi politik atau organisasi yang berafiliasi kepada politik tententu.

Dalam kesempatan itu Erman mengisahkan perjalanan sejarah organisasi IPHI dari kepengurusan awal hingga kepengurusan yang ia pimpin. Menurutnya, keberadaan IPHI harus dipertahankan dan dilestarikan. IPHI harus memberi manfaat dan kemaslatahan untuk umat.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutannya berharap IPHI bisa terus membina umat dan ikut berpartisipasi dan pembangunan bangsa ini, tak terkecuali di Jawa Tengah. Namun yang tak kalah penting yakni semua anggota IPHI bisa menjaga kemabruran hajinya.

“Ciri ciri haji mambrur itu antara lain suka menebar salam atau menjaga perdamaian dan kenyamanan, peduli sosial dengan senang membantu yang kekurangan dan suka menjalin silaturahim dengam sesama,” kata Ganjar.

Semenara, Ketua Pengurus Wilayah IPHI Jateng Prof Dr Imam Taufiq, dalam rangka memperingati Harlah IPHI ke 33 mengajak kepada semua anggota IPHI melakukan refleksi dan muhasabah diri.

“Orang yang sudah haji inginnya menjadi mabrur. Mari bermuhasabah, apakah kita benar-benar sudah mabrur hajinya. Hanya masing-masing pribadi kita yang bisa menilai,” kata dia.

Disisi lain, Imam Taufiq, mengatakan, pihaknya terus menjalin komunikasi dan koordinas li dengan semua PD IPHI di Jawa Tengah, agar PD IPHI Jateng bisa segera terbentuk semua.

“Mari kita maksimalkan organisasi IPHI yang memiliki slogan Menjaga Haji Mabrur Sepanjang Masa ini untuk menjaga NKRI dan mendampingi umat,” kata Prof Imam.

“Terima kasiih kepada Pak Juliyatmono Bupati Karanganyar yang telah menjadi tuan rumah dan penyelenggara dalam kegiatan Harlah IPHI ke 33 tahum 2023 ini. Dan kami sampaikan selamat atas gedung baru sekretarat IPHI Karanganyar ini,” kata Prof Imam.

Para peserta peraih dooproze jalan sehat Harlah IPHI ke 33 tahun 2023 di Karanganyar, Sabtu (18/3/2023).

Sementara Bupati Karanganyar yang sekaligus Ketua IPHI Karanganyar Juliyatmono menyampaikan terima kasih kepada ketua umum PP IPHI yang telah hadir di Karanganyar. Terima kasih juga kepada PW IPHI Jateng dan para PD IPHI yang hadir.

“Mohon masukannya dan bimbinganya kepada kami, agar IPHI karanganyar terus bisa bermafaat untuk umat,” kata dia.

Bupati menjelaskan proses renovasi gedung baru sekretariat IPHI Karanganyar yang menghabiskan dana hingga Rp2,2 miliar. Setelah ini, kata dia, dilanjut dengan pembangunan masjid di atasnya gedung IPHI.

“Mohon doa restunya semoga bisa berjalan sesuai rencana,” pinta dia.

Pada kesempatan itu, IPHI Jawa Tengah memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh yang telah berkontribusi terhadap eksistensi IPHI Jateng, yaitu kepada Gubernur Jateng Ganjar Parnowo, mantan Gubernur Jateng KH Ali Mufiz, mantan ketua IPHI Jateng almarhum H Imam Syafi’i, Ketua MUI Jateng KH Ahmad Darodji dan Bupati Karanganyar Juliyatmono.

Kemudian rangkaian dari acara Harlah ke 33 ini adalah jalan santai IPHI bersama warga pada Sabtu (18/3/2023) pagi dengan start di depan Masjid Agung Madaniyah dan finish di rumdis bupati Karanganyar dengan dooprize utama tiket.umroh gratis. Acara ini diikuti ribuan peserta.(aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini