Daerah Ini Wajibkan OPD Tanam 22 Pohon Langka, Hiii…. Ada Jenis Genderuwo!

Salah satu jenis tanaman langka Pohon Kepuh. Foto : dlkh.jogjaprov.go.id Daerah Ini Wajibkan OPD Tanam 22 Pohon Langka, Hiii…. Ada Jenis Gen

Gunungkidul (sigijateng.id) – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mewajibkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menanam pohon langka. Ada 22 jenis pohon langka yang bisa ditanam.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan perintah itu dikeluarkan melalui Surat Edaran Bupati Gunungkidul tentang Perintah Pelaksanaan Penanaman Tanaman Langka. Surat bernomor 500.3.1.1/2023 itu ditujukan kepada OPD, Panewu dan Lurah se-Kabupaten Gunungkidul.

“Penanaman tanaman langka ini dalam rangka melestarikan keanekaragaman hayati. Selain itu melestarikan nilai sejarah penamaan Pedukuhan dan Kalurahan di Gunungkidul yang menggunakan nama tanaman,” katanya kepada wartawan, Jumat (17/3/2023).

Adapun penanaman tanaman langka itu bisa dilakukan di halaman kantornya masing-masing, termasuk di sekolahan. “Ada 22 tanaman yang diinstruksikan untuk ditanam,” ucapnya.

Adapun 22 jenis tanaman keras yang wajib ditanam diantaranya, Kepuh (Sterculia foetida), Kutu (Bridelia stipularis), Laban (Vitex pubescens), Lo (Ficus glomerata roxb), Mojo (Feroniella lucida), Preh (Ficus ribes), Pulai (Alstonia schlaris), Rempelas (Ficus ampelas), Asam Jawa (Tamarindus indica), Bintaos ( lWrightia javanica), Klumpit (Terminalia microcaroa), Bendo (Artocarpus elasticus).

Selanjutnya, ada Bulu (Ficus Elasticus), Ilat-ilat (Ficus callosa), Ipik (Ficus superba), Kepil (Nauclea subdita), Serut (Streblus asper), Talok Lanang (Grewia paniculata), Terbelo Pusuh (Cinchona spec), Delingsem (Homalium tomentosum), Winong (Tetrameles nudiflora) dan Santigi.

Dari 22 jenis pohon langka tersebut, pohon kepuh atau kepoh menjadi salah satu tanaman yang dulunya sering ditemukan di Jogja dan sekitarnya. Namun tanaman tersebut kini kian langka.

Dikutip dari dlkh.jogjaprov.go.id, kepuh merupakan salah satu jenis pohon yang banyak dimitoskan dihuni oleh makhluk gaib, seperti genderuwo. Hal ini, mungkin dikarenakan pohon kepuh banyak ditemukan di tempat-tempat yang terkesan angker, seperti pemakaman, punden ataupun tempat-tempat yang jarang dikunjungi manusia.

Kepuh adalah merupakan salah satu jenis pohon yang ditemukan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis pohon ini sudah sangat langka, mungkin karena kesan angkernya sehingga masyarakat jarang mau menanamnya.

Di DIY, masih ada beberapa lokasi yang masih dapat ditemukan pohon kepuh ini antara lain: Dusun Bobung Desa Nglanggeran, Patuk Gunungkidul, Desa Ngeposari Semanu Gunungkidul, petak 19 Tahura Bunder Gunungkidul. (Red)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini