Cara Turunkan Darah Tinggi dan Kolesterol dengan Ampuh, Baca Di Sini!

(foto unsplash)

SIGIJATENG.ID – Orang yang mengidap hipertensi dan kolesterol biasanya memiliki obat yang harus rutin dikonsumsi sesuai anjuran dokter, namun mengonsumsi obat juga harus diimbangi dengan gaya hidup yang sehar agar efek pengobatannya lebih optimal. Jika anda termasuk orang yang mengidap kedua penyakit tersebut, dapatkah menurunkannya secara bersamaan? Tentu saja bisa, simak caranya di sini.

Olahraga Rutin

Menjadi hal yang pertama ketika membicarakan Kesehatan, bahwa harus disadari olahraga itu penting. Minimal anda perlu melakukan olahraga 3 kali seminggu dengan durasi setiap olahraga minimal 30 menit. Olahraga melatih otot jantung sehingga lebih kuat. Ketika jantung lebih kuat, jantung mampu memompa darah lebih banyak tanpa memaksa kinerja otot jantung. Tekanan pada pembuluh darah pun akhirnya ikut menurun.

Saat olahraga, tubuh merangsang enzim yang bekerja menyingkirkan kolesterol jahat dari dinding pembuluh darah menuju hati (liver). Di liver, kolesterol diubah menjadi zat yang membantu proses pencernaan dan dikeluarkan dari dalam tubuh. Olahraga intensitas sedgan yang dapat dilakukan adalah jogging, bersepeda, naik tangga dan berenang.

Kurangi Asupan Garam, Lemak Jenuh dan Lemak Trans

WHO merekomendasikan, cara mengurangi darah tinggi dan kolesterol bisa dengan mengurangi asupan garam dan lemak (terutama lemak jenuh dan lemak trans). Dalam sehari, garam yang dikonsumsi tidak lebih dari 5 gram atau satu sendok teh. Artinya, natrium yang bisa dikonsumsi hanya sebanyak 2 gram per hari.

Menurut American Heart Association (AHA), jumlah ini bukanlah jumlah garam dapur yang dituangkan ke dalam makanan. Namun, jumlah tersebut mewakili seluruh makanan yang dikonsumsi dalam sehari. Department of Health and Human Service (HHS) Amerika Serikat menetapkan, asupan lemak jenuh dalam sehari tidak lebih dari 10% asupan kalori harian.

Terapkan Diet DASH

Diet DASH adalah salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, yang sekaligus mengurangi asupan garam serta lemak. Aturan makan harian menurut diet DASH berfokus pada pengurangan garam, gula, dan lemak, serta meningkatkan asupan buah, sayur, dan gandum utuh harian.

Biji-bijian (6-8 sajian)

Pilih biji-bijian utuh, seperti roti gandum utuh, sereal gandum utuh, pasta gandum utuh, beras cokelat, maupun oatmeal. Dalam satu sajian, ada satu iris roti atau satu ons sereal kering. Satu porsi biji-bijian juga berupa 170 gram oat, pasta, ataupun nasi yang sudah dimasak.

Sayuran (4-5 sajian)

Sayuran mengandung kalori dan lemak yang rendah sehingga bagus untuk menjaga tekanan darah. Setiap sajiannya, ada 170 gram sayur yang terdiri dari sayuran mentah atau dimasak serta jus sayur. Anda juga bisa mengonsumsi 340 gram sayur dedaunan mentah dalam satu sajian.

Buah (4-5 sajian)

Satu sajian buah terdiri dari satu buah apel dan jeruk ukuran sedang atau 170 gram buah segar lainnya, dan satu setengah cangkir (150 gram) jus buah.

Selain konsumsi biji-bijian, sayurran dan buah anda bjuga bisa konsumsi yogurt tanpa lemak dengan takaran satu cup yogurt tanpa lemak cup setiap hari serta Kacang dan polong-polongan dengan takaran 5 sajian per minggu.

Meski demikian, cara menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol seperti di atas tetap perlu Anda terapkan untuk mengurangi risiko komplikasi. Olahraga teratur, menghindari makanan pemicu hipertensi dan kolesterol, hingga berhenti konsumsi alkohol adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang.

Jangan lupa pula untuk rutin periksakan kesehatan diri ke dokter. Cek tekanan darah dan cek kolesterol secara berkala.

(akhida)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini