Cara Mencuci Sepatu Berbahan Kain Agar Tetap Awet

Sepatu Vans (foto unsplash)

SIGIJATENG.ID – Jika anda memiliki sepatu berbahan dasar kain, hindarilah mencucinya dengan mesin cuci. Sebab jika cara ini dilakukan, sepatu kalian akan rusak dan menyusut. Apalagi jika sepatunya berwarna putih, hindarilah untuk mencuci dengan mesin cuci dan detergen karena akan mengakibatkan menguningnya bahan sepatu berwarna putih.

Lalu bagaimana nih cara mencuci sepatu berbahan dasar kain agar tetap awet?

Siapkan Wadah Kecil, Sikat Gigi dan Detergen Laundry

Langkah pertama kalian harus menyiapkan wadah atau ember kecil yang akan diisi air dan sabun pembersih. Lalu, siapkan sikat gigi untuk menggosok bagian sepatu yang kotor terutama bagian alas berbahan rubber pada sepatu kain. Usahakan sikat gigi berbahan lembut agar tidak merusak bahan. Untuk sebun pembersihnya gunakan sabun cair agar lebih halus.

Gunakan Detergen Cair

Setelah meyiapkan wadah, kalian bisa gunakan air hangat yang dicampurkan detergen cair. Penggunaan detergen cair tidak perlu banyak-banyak, gunakan sedikit saja. Aduk cairan tersebut dengan menggunakan sikat gigi hingga berbusa. Lalu, mulailah untuk membersihkan sepatu, kali ini kalian tinggal membersihkan bagian sepatu kain yang bernoda.

Cukup celupkan bagian atas bulu sikat gigi pada air sabun lalu gosoklah dengan lembut pada area sepatu yang kotor. Setelah dirasa cukup bersih, bilas bagian yang dicuci tersebut hingga bersih tanpa perlu mencelupkan seluruh bagian sepatu ke dalam air. Jika sudah selesai, lap bagian yang dibersihkan tersebut agar airnya terserap. Lalu, biarkan sepatu hingga kering seluruhnya.

Lemon

Lemon memang memiliki banyak manfaat. Selain dapat dikonsumsi, kalian bisa memanfaatkan air lemon untuk membersihkan noda pada sepatu kain. Caranya sangat mudah, cukup buat sari lemon (kira-kira 1 sdm) lalu campurkan dengan air 1/4 gelas.

Celupkan sikat gigi yang bersih atau spons pada air lemon, lalu mulailah menggosok noda. Jika sudah selesai, kalian bisa mengelap bagian sepatu yang dibersihkan dengan kain basah. Kemudian, keringkan sepatu sepenuhnya.

Pasta Gigi

Selain menggunakan detergen padat, kalian bisa memanfaatkan pasta gigi untuk membersihkan bahan rubber pada alas sepatu kain yang kotor. Caranya sangat mudah, basahkan bagian rubber dengan air, kemudian berikan pasta gigi secukupnya lalu gosok dengan sikat gigi sampai berbusa dan noda akan hilang. Pasta gigi juga mampu menghilangkan noda kuning pada rubber sepatu kain.

Nah itu dia cara mencuci sepatu berbahan dasar kain atau suede seperti merek Vans, dengan mengetahui cara mencuci yang benar, sepatu kalian bisa jadi leih awet dan tetap bagus.

(akhida)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini