Butuh Biaya Nikah! Pria di Bantul Ini Nekat Curi 2 Mesin Diesel di Sawah, Berujung Di Bui

Ilustrasi. Foto: pixabay.com

Bantul (sigijateng.id) – SH (25) seorang pria warga Imogiri, Bantul, nekat mencuri dua unit mesin diesel penyedot air di persawahan Selopamioro. Pelaku yang juga merupakan residivis soal kasus narkoba ini nekat mencuri karena butuh modal untuk biaya nikah.

Kapolsek Imogiri Kompol Suharno mengatakan kejadian bermula saat dua korban ke ladang pada 24 Desember 2022. Ketika hendak mengairi ladang, keduanya terkejut mesin untuk menyedot air hilang dari tempatnya.

“Ternyata hal yang sama juga terjadi di samping sawahnya. Jadi saat itu ada dua diesel yang dicuri,” kata Suharno saat pers rilis ungkap kasus yang digelar di kantor Polsek Imogiri, Rabu (25/1/2023).

Kedua korban melapor ke Polsek Imogiri. Polisi lalu melakukan penyelidikan. “Setelah lidik, tanggal 2 Januari pelaku kami amankan di rumahnya. Sedangkan barang bukti dua unit diesel diamankan di Bambanglipuro karena sudah dijual Rp 3 juta,” jelasnya.

Hasil pemeriksaan sementara, SH beraksi bersama rekannya inisial BS (28) alias Genjik. Keduanya mencuri dua diesel naik sepeda motor saat malam hari.

“Untuk BS masih kami buru dan sudah ditetapkan sebagai DPO. Kalau modusnya kedua pelaku sudah tahu keberadaan diesel itu karena salah satu pelaku tetangga korban,” ucapnya.

“Lalu keduanya beraksi saat malam dan untuk mengangkut diesel itu pakai motor, jadi dua kali angkut,” lanjut Suharno.

Sedangkan uang hasil penjualan diesel itu dibagi dua, masing-masing pelaku mengantongi Rp 1,5 juta. Suharno mengungkapkan SH akan menggunakan uang itu untuk modal menikah.

“Dari pengakuan, SH menggunakan uang hasil penjualan diesel untuk modal nikah. Tapi akhirnya SH tidak jadi nikah karena kita tangkap,” ungkapnya.

Diketahui, SH tercatat seorang residivis atas kasus narkoba dan baru keluar dari bui pada tahun 2019 silam. Atas perbuatannya, SH disangkakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan (curat). “Untuk ancaman hukumannya maksimal 7 tahun penjara,” tandasnya.

Sementara itu, SH yang turut dihadirkan dalam jumpa pers mengaku nekat mencuri karena membutuhkan modal untuk menikah. Ia mengaku sudah berhenti dari pekerjaannya.

“Iya, saya mencuri diesel pompa air, karena adanya itu saya ambil saja. Terus saya jual dan dapat bagian Rp 1,5 juta, itu rencananya untuk modal menikah,” ujar SH. (Red)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here