Amalan yang Dianjurkan untuk Umat Muslim di Bulan Rajab

Amalan yang Dianjurkan untuk Umat Muslim di Bulan Rajab (foto pexels.com)

SIGIJATENG.ID – Bulan Rajab merupakan bulan ketujuh dalam kalender Hijriah atau dapat disebut juga dengan bulan Qamariyah. Tahun ini Bulan Rajab dimulai pada tanggal 23 Januari dalam kalender Masehi, anda yang muslim perlu mengetahui bahwa bulan Rajab tidak kalah baik dan mulia daripada Bulan Ramadhan.

Rasulullah saw memerintahkan umatnya untuk tidak menghinakan dan menzalimi diri mereka sendiri di empat bulan haram (suci) yang salah satunya adalah Rajab. Pada bulan ini, umat muslim dianjurkan untuk lebih rajin dalam beribadah, mengamalkan sunnah-sunnah ibadah dan juga dianjurkan untuk memohon keberkahan hidup kepada Allah Swt.

Umat muslim dianjurkan untuk memohon doa panjang umur selama bulan Rajab agar dapat mengalami bulan mulia Sya’ban dan Ramadhan. Beginilah lafaz doan yang dapat anda amalkan,

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allâhumma bârik lanâ fî Rajaba wa Sya‘bâna wa ballighnâ Ramadhânâ

Artinya: “Ya Allah, berkatilah kami pada Bulan Rajab dan Bulan Sya’ban. Sampaikan kami dengan Bulan Ramadhan.”

Selain dianjurkan untuk rajin berdoa memohon panjang umur, bersedekah di bulan Rajab akan mendapat pahala yang berlipat ganda. Rasulullah saw bersabda,

عن عقبة عن سلامة بن قيس يرفعه الى النبى صلى الله عليه وسلم انه قال: من تصدق فى رجب باعده الله من النار كمقدار غراب طار فرخا من وكره فى الهوى حتى مات هرما. وقيل الغراب يعيش خمسمائة عام

Artinya : “Barang siapa bersedekan di bulan Rajab, maka Allah swt akan menjauhkannya dari api neraka sejauh jarak tempuh burung gagak yang terbang bebas dari sarangnya hingga mati karena tua. Menurut sebagain pendapat, umur burung gagak mencapai limaratus tahun.”

Ibadah favorit yang seringkali dilakukan dalam bulan Rajab ialah puasa, sebelum melakukan puasa wajib di bulan Ramadhan, umat muslim perlu mempersiapkan diri dengan melaksanakan puasa di bualn Rajab.
Syekh Zainuddin Al-Malibari dalam Fathul Mu‘in memberikan keterangan mengenai puasa di bulan Rajab,

أفضل الشهور للصوم بعد رمضان الأشهر الحرم. وأفضلها المحرم، ثم رجب، ثم الحجة، ثم القعدة، ثم شهر شعبان.

Artinya : “Bulan paling utama untuk ibadah puasa setelah Ramadhan ialah bulan-bulan yang dimuliakan Allah dan Rasulnya. Yang paling utama ialah Muharram, kemudian Rajab, lalu Dzulhijjah, terus Dzulqa‘dah, terakhir bulan Sya‘ban.”

Imam Royani memilih Rajab berada di posisi ketiga setelah Ramadhan dan Muharram. Keterangan ini dikutip dari Kifayatul Akhyar. Pendapat Imam Royani sejurus dengan keterangan sebelumnya di Fathul Mu‘in.
Dari artikel ini, kita dapat memperoleh ilmu terkait amalan-amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan di Bulan Rajab. Semoga menjadi penyemangat anda untuk terus mendekatkan diri kepada Allah Swt dengan amalan-amalan tersebut ya.

(akhida)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini