Amalan Doa yang Bisa Dibaca Selama Bulan Ramadhan 2023, Simak Penjelasan Buya Yahya!

Buya Yahya (foto: YouTube Al-Bahjah TV)

SIGIJATENG.ID – Seperti yang diketahui bersama, dalam Agama Islam, terdapat satu bulan khusus untuk berpuasa, yakni bulan Ramadhan. Di bulan suci, umat Islam diperintahkan menunaikan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Tak hanya berpuasa, umat muslim juga senantiasa bersukacita dan memperbanyak amal shaleh. Di antara amalan baik yang dapat dilakukan adalah membaca doa.

Untuk itu, ada sejumlah amalan doa yang bisa dibaca di bulan Ramadhan, Buya Yahya menyampaikan umat Islam dapat mengamalkan doa sejak awal bulan Ramadhan.

Melalui salah satu kajian yang diunggah di kanal YouTube Al-Bahjah, Buya Yahya menjelaskan amalan yang dianjurkan dibaca di bulan suci Ramadhan 2023 bagi umat muslim.

Buya Yahya menjelaskan doa yang dapat diamalkan yakni di dalamnya terdapat syahadat, istighfar, dan meminta perlindungan dari api neraka, serta memohon masuk surga.

Doa tersebut adalah sebagai berikut:

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله َأَسْتَغْفِرُ اللهَ أَسْأَلُكَ الجَنَّةَ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عُفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Asyhadu alla ilaaha illallah wa astaghfirullah wa as-alukal jannah wa a’udzu bika minannar (3×).

Allahumma innaka afuwwun tuhibbul afwa fa’fu anni (3×).

Artinya: “Aku bersaksi sesungguhnya tidak ada tuhan selain Allah. Aku mohon ampun kepada Allah. Ya Allah aku mohon kepada-Mu Surga, dan berlindung kepada-Mu dari api neraka (3×). Ya Allah sungguh Engkau Maha Pemberi Maaf, dan senang untuk memaafkan, maka aku mohon kepada-Mu ya Allah, maafkanlah aku (3×).”

“Doa tersebut adalah doa yang diambil dari gabungan beberapa riwayat dari Nabi SAW. Telah datang riwayat – riwayat yang banyak agar kita memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan, termasuk di dalamnya adalah beristighfar, berdzikir dan berdoa kepada Allah SWT,” jelas Buya Yahya, dikutip SIGI JATENG, Selasa (14/3/23).

Lebih lanjut, Buya Yahya menambahkan, doa tersebut umumnya dibaca sesaat sebelum berbuka puasa.

Namun, bisa pula di waktu-waktu lain selama bulan Ramadhan. Buya Yahya pun mengimbau memperbanyak membaca doa tersebut.

Doa ini bisa dibaca misalnya saat menyiapkan berbuka dan sahur oleh para ibu-ibu rumah tangga.

“Ini adalah yang diajarkan Nabi SAW, dzikir yang lain bagus akan tetap saat nganggur enak dibaca, meski dalam keadaan haid sekalipun baca ini doa agar mendapat kemuliaan,” kata Buya Yahya.

Bacaan tersebut tak hanya bisa dibaca saat awal Ramadhan saja, melainkan di sepanjang bulan suci Ramadhan.

Tonton selengkapnya ceramah Buya Yahya di:

(dimas)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini