5 Destinasi Wisata di Purworejo yang Indah Mempesona

Goa Seplawan (foto Instagram purworejoku)

SIGIJATENG.ID – Purworejo berada di sisi selatan Pulau Jawa dan salah satu kota yang tidak terlalu metropolitan seperti Yogyakarta yang hanya berjarak 1 jam perjalanan dari Purworejo.

Namun jangan salah sangka karena Purworejo menyimpan berbagai potensi wisata yang dapat anda nikmati di akhir pekan ini. Yuk simak rekomendasi destinasi wisata Purworejo di bawah ini.

  1. Curug Silangit

Air terjun selalu bisa membuat masyarakat jatuh hati kepadanya. Itulah yang dirasakan ketika berkunjung ke Curug Silangit yang berada di Purworejo. Air yang jatuh dari atas ketinggian kurang lebih 30 meter ini dibagi menjadi tiga tingkatan. Sesuai dengan namanya, Curug Silangit berada di tingkat paling tinggi dari air terjun tersebut.

Selain menyaksikan pesona alam memukau dari air terjunnya, Anda pun menyadari jika susunan bebatuan rapi yang berada di sekitar aliran sungainya memiliki nilai seni tersendiri. Sungai yang memiliki arus cukup deras ini pun dilengkapi beberapa jeram. Hanya dengan melihatnya dari kejauhan, rasanya sudah cukup memberikan kebahagiaan bagi para wisatawan.

  1. Pantai Ketawang

Berlibur dan bersantia di pantai sering menjadi kegiatan yang diimpikan oleh banyak orang. Kali ini datang dari Pantai Ketawang yang memiliki suasana asri dan natural. Pantai ini masih tergolong sepi karena belum banyak investor yang melirik. Padahal potensi wisata di Pantai Ketawang memang begitu besar karena keindahannya.

Sering ada lomba balap kuda yang diselenggarakan oleh warga sekitar. Pantai Ketawang berada di Desa Ketawang, Purworejo. Jaraknya terbilan cukup dekat dengan pusat kota dan sedikit bangunan yang menunjang untuk akses pantai.

  1. Gunung Kunir

Gunung Kunir masuk dalam deretan wisata alam di Purworejo yang wajib dikunjungi. Suguhkan sensasi pendakian menantang dengan panorama alam memukau selalu berhasil membuat wisatawan jatuh hati kepadanya. Bahkan Gunung Kunir cukup populer di kalangan para pendaki yang sedang berburu keindahan alam ciptaan Tuhan.

Menikmati sunrise dari puncak gunung, merupakan aktivitas menarik yang bisa dilakukan selama berada disana. Anda juga tidak perlu khawatir tersesat atau merasa sepi, sebab kawasan wisata satu ini selalu dipenuhi dengan para pendaki dari berbagai daerah. Menyaksikan cantiknya mentari bersama akan menjadi momen tak terlupakan.

  1. Goa Seplawan

Goa Seplawan menjadi tempat wisata yang juga favorit. Ciri khas dari goa ini adalah adanya ornamen di dalam goa seperti stalaktit dan stalakmit serta dinding dengan bentuk atau kerangka ikan. Ada juga flow stone, gouwer dan soda strat. Keadaan di sekitar goa juga cukup mengesankan karena pemandangan alam yang indah serta adanya flora seperti lumut dan paku-apkuan di dalam goa.

Ada juga taman bunga di sekitar goa yang bisa dijadikan spot foto. Goa Seplawan ini berada di Desa Donorejo. Jarak tempuhnya sekitar 20 km menuju arah timur dari pusat kota dengan ketinggian goa adalah 70 meter diatas permukaan laut.

  1. Taman Sidandang

Ketika pertama kali mendengar namanya, kemungkinan Anda akan membayangkan sepetak tanah yang dihiasi dengan berbagai tanaman hijau dan bunga berwarna warni. Sebaiknya hilangkan gambaran tersebut, karena disini pengujung justru disuguhkan dengan sungai dengan air yang sangat jernih dan tampak menyegarkan.

Dengan kata lain, Taman Sidandang lebih cocok bagi Anda yang ingin merasakan sensasi kesegaran air dan berbasah basahan. Wisatawan yang tidak ahli dalam berenang juga bisa menyewa pelampung untuk bisa menikmati sensasi kesegaran airnya. Jika tidak ingin berbasah basahan, maka mencoba berbagai wahana permainan bisa menjadi alternatifnya.

Purworejo memiliki banyak keunikan yang sedikit orang tahu. Dari beberapa daftar Objek Wisata di Purworejo ini semoga menjadi referensi tepat untuk menikmati liburan dengan mudah. Mulai dari curug hingga hutan dengan nuansa sejuk dan alami.

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini