5 Alasan Lebih Baik SMA di Boarding school Dibanding Sekolah Umum

Ilustrasi; Sekolah Boarding school. (foto pixabay)

SIGIJATENG.ID – Dari tahun ke tahun semakin banyak orang tua yang memilih menyekolahkan anaknya di boarding school ketimbang sekolah umum.

Keputusan ini diambil orang tua pasti bukan tanpa alasan. Tentunya ada banyak sekali pertimbangan yang akhirnya membuat mereka menjatuhkan pilihan ke boarding school. Lalu, apa saja alasan memilih boarding school?
Simak ulasannya berikut ini.

5 Alasan Memilih Boarding school Dibanding Sekolah Umum

  1. Lingkungan yang Kondusif

Alasan utama orang tua lebih memilih menyekolahkan anaknya di boarding school karena lingkungannya yang kondusif. Orang tua tidak perlu khawatir akan pergaulan anaknya karena di setiap asrama terdapat guru pendamping asrama.
Dimana guru pendamping ini akan selalu mengawasi dan mengkondisikan siswa yang tinggal di asrama. Meski tinggal di asrama, tetapi asrama untuk siswa putra dan putri dibedakan sehingga pergaulan antara putra dan putri menjadi sangat terbatas.

  1. Pergaulan Anak Lebih Terpantau

Setiap guru pendamping asrama memiliki tugas untuk memberikan pengarahan dan bimbingan serta mengawasi tingkah laku semua siswa yang tinggal di asrama. Hal ini membuat pergaulan anak menjadi terpantau dengan baik sehingga bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Jika ada siswa yang melakukan tindakan kurang baik, guru pendamping asrama yang akan membantu menyelesaikannya.
Selain itu, siswa boarding school tidak diperbolehkan untuk beraktivitas di luar lingkungan sekolah tanpa izin. Selain itu, juga tidak diperbolehkan membawa smartphone sehingga lebih fokus belajar daripada bermain smartphone. Jika sudah begini maka pergaulan anak benar-benar terpantau dengan baik.

  1. Memiliki Fasilitas dan Sarana Belajar yang Lengkap

Apabila ingin proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan hasilnya maksimal maka sekolah harus menyediakan fasilitas penunjang pendidikan yang lengkap. Tersedianya fasilitas yang lengkap akan mendorong siswa untuk lebih berprestasi baik itu prestasi akademik maupun non akademik.
Adapun fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh boarding school adalah ruang kelas yang bersih dan nyaman, laboratorium, ruang musik, sarana olahraga, UKS, perpustakaan, kantin, toilet dan sebagainya.

  1. Tenaga Pendidik yang Berkualitas

Alasan memilih boarding school selanjutnya adalah sekolah ini memiliki tenaga pendidik yang berkualitas. Boarding school selalu menetapkan kualifikasi yang tinggi kepada setiap tenaga pendidik di sekolah. Hal ini berarti hanya tenaga pendidik terbaik yang bisa mengajar di boarding school.
Selain itu, tenaga pendidik yang ada akan mengajar mata pelajaran sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Hal ini bertujuan agar tenaga pendidik bisa mengajar secara maksimal sesuai kompetensinya. Tenaga pendidik di boarding school juga selalu mendorong siswa untuk mengembangkan bakat, minat dan hobi yang dimiliki.

  1. Menumbuhkan Sikap Mandiri dan Disiplin

Mandiri dan disiplin adalah dua sifat yang sangat penting untuk dimiliki setiap orang agar bisa meraih kesuksesan. Untuk itu, sebaiknya sifat ini juga mulai dibiasakan dan diajarkan sejak kecil. Menyekolahkan anak di boarding school bisa menjadi keputusan yang baik agar anak memiliki kedisiplinan dan kemandirian.
Anak yang sekolah di boarding school mau tidak mau akan menjadi mandiri karena semua keperluannya harus diurus dan dikerjakan sendiri karena tidak lagi tinggal bersama orang tua. Selain itu, pola kehidupan di boarding school sudah terjadwal dengan baik, sehingga akan membentuk kedisiplinan anak. Meski awalnya susah tetapi seiring berjalannya waktu akan terbiasa.

Nah itulah 5 alasan memilih boarding school dibanding sekolah umum. Penjelasan diatas bukan untuk menjelek-jelekkan sekolah umum tetapi hanya memberikan informasi tentang kelebihan sekolah berasrama. Pada dasarnya setiap sekolah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

SMA Dwiwarna (boarding school) merupakan SMA swasta terbaik di Jawa Barat. Sekolah ini sudah banyak dikenal karena memiliki siswa dan alumni yang berprestasi. Selain itu, juga memiliki tenaga pendidik berkualitas dan yang menyediakan fasilitas yang lengkap.

Sekolah ini juga sudah memiliki akreditasi A (98). Jika tertarik segera ikuti pendaftaran boarding school di SMA Dwiwarna sekarang juga! (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini