352 Calon Haji Kloter Pertama Asal Grobogan Tiba di Asrama Donohudan Satu Setengah Jam Lebih Awal

Calon jemaah haji kloter pertama asal Grobogan masuk pertama di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Selali (23/5/2023) fajar. ( foto boyolali.go.id)

BOYOLALI (sigijateng.id) – Sebanyak 352 calon haji asal Kabupaten Grobogan yang masuk kloter pertama Embarkasi Haji Solo tibandi Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa, 23 Mei 2023.

Bus membawa rombongan calon haji tiba di asrama haji pukul 04.30 WIB, satu jam setengah lebih awal dari jadwal semula pukul 06.00 WIB. Begitu sampai sampai langsung dilakukan cek Kesehatan.

Humas Satgas PPIH Embarkasi Solo Asrama Haji Donohudan Boyolali, Gentur Rachma Indriadi mengatakan bahwa calon Jemaah haji asal Kabupaten Grobogan tersebut berjumlah 352 orang dengan lima petugas daerah. Kedatangan para jamaah akan langsung disambut oleh satgas penerimaan dari PPIH Embarkasi Solo di Gedung Jeddah.

“Setelah memasuki di Gedung Jedah diterima, kemudian langsung run check kesehatan, semoga tidak ada hal hal yang dikhawatirkan. Karena di daerah sudah dilakukan pengecekan kesehatan juga,” katanya saat dijumpai di sela kegiatan penerimaan calhaj.

Setiap calhaj akan dilakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi tubuh benar-benar sehat. Selanjutnya, para calhaj akan diantar ke kamar masing-masing.

“Di sini jamaah haji akan berada sekitar 23 jam. Selama 23 jam akan mendapatkan makan tiga kali dan snack dua kali,” lanjutnya.

Pada kloter pertama tersebut, disebutkan terdapat 184 calon Jemaah haji laki laki dan 168 calon jemaah perempuan. Kemuduan peserta termuda berusia 24 tahun dan tertua 86 tahun. Maka pihaknya berupaya untuk mempersingkat waktu penerimaan dan cek kesehatan.

“Nanti setelah penerimaan ini masing masing jamaah akan menerima tas kesehatan yang isinya ada masker ada handsanitizer, penyemprot panas dan vitamin,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PPIH Embarkasi Solo Asrama Haji Dononohudan Boyolali, Musta’in Ahmad memastikan kondisi jamaah calhaj kloter pertama yang masuk hari ini dalam kondisi baik.

“Dan secara umum jamaah dalam kondisi baik kondisi sehat. Sesuai dengan SOP jamaah mengikuti proses pemeriksaan kesehatan tahap akhir,” ungkapnya.

Dijelaskan pula, untuk jamaah lansia dan penyandang disabilitas, pihaknya telah mempersiapkan diri dengan berbagai fasilitas dan layanan agar jamaah merasa nyaman.

Tagline penyelenggaraan haji tahun ini adalah ramah lansia. Hal itu berdasarkan banyaknya jumlah calon haji kategori lansia.

Dari total seluruh calon haji yang akan berangkat dari Embarkasi Solo, 33.524 orang, 60 persen diantaranya lansia.  (riya)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini