Yuk Kenali Susu yang Aman Dikonsumsi Bagi Penderita Kolesterol Tinggi, Ini Rekomendasinya

Ilustrasi. Foto : pixabay.com

Sigijateng.id – Susu adalah salah satu minuman yang dianggap bisa menjadi pantangan terutama bagi para penderita kolesterol tinggi. Padahal, minuman yang kaya akan gizi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Namun, bagi penderita kolestrol tinggi, memang harus memperhatikan pemilihan jenis susu yang akan dikonsumsi. Tidak semua jenis susu yang aman dikonsumsi bagi penderita kolestrol tinggi. Sebab, ada susu untuk penderita kolesterol secara khusus, yang tentunya lebih aman untuk dikonsumsi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis susu yang direkomendasikan untuk para penderita kolesterol tinggi :

1. Susu kedelai

foto :pixabay.com

Selain tidak bikin ‘eneg’ saat meminumnya, susu kedelai juga tidak mengandung kolesterol dan memiliki kadar lemak jenuh yang sangat rendah. Selain itu, susu kedelai juga mengandung protein yang tinggi.

Berbeda dengan susu sapi, susu kedelai tidak mengandung laktosa. Oleh karena itu, bagi penderita intoleransi laktosa atau kelainan enzim yang menyebabkan seseorang tidak bisa mencerna susu sapi dan produk laktosa lainnya, susu kedelai bisa menjadi alternatif yang baik juga.

Selain kadar laktosa, hal lain yang membedakan susu kedelai dengan susu sapi adalah kadar kalsium yang lebih rendah. Padahal, salah satu kebutuhan nutrisi yang harusnya bisa didapat dari susu adalah kalsium.

Jadi, jika penderita kolesterol tinggi hendak mengonsumsi susu kedelai, usahakan untuk memilih susu kedelai yang telah difortifikasi dengan kalsium.

2.Susu sapi low-fat

Susu low-fat memiliki perbedaan dengan susu sapi whole milk, yakni kadar lemak yang terdapat dalam 1 gelas, yang juga terlihat dari kalorinya. Di dalam 1 gelas susu low-fat, hanya terkandung 2.5 gram lemak dan 100 kalori.

Dengan mengonsumsi susu low-fat sebagai susu untuk kolesterol, Anda masih bisa mendapatkan kandungan lemak yang dibutuhkan tubuh, namun dalam kadar yang tidak berlebihan.

3. Susu almond

Foto : pixabay.com

Bagi Anda yang memiliki alergi kacang serta mencari rekomendasi susu untuk kolesterol, susu almond dapat menjadi alternatif yang lezat.

Selain itu, kadar vitamin E dalam susu almond lebih tinggi dibandingkan yang terkandung pada susu sapi. Namun, hampir semua susu almond yang dijual di pasaran sudah dicampur dengan gula yang tidak sedikit jumlahnya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi, minumlah susu almond buatan rumahan yang tidak mengandung gula.

4. Susu rami

Anda mungkin masih asing dengan jenis susu satu ini. Susu rami merupakan pencampuran dari air dan biji tanaman rami. Susu rami bebas laktosa, sehingga aman dikonsumsi oleh Anda yang intoleransi laktosa atau alergi susu.

Susu rami juga mengandung asam omega-3 dan beberapa mineral yang membuat susu ini menjadi salah satu minuman yang sehat. (Red)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini