Yuk Jaga Kesehatan Tulang, Berikut Ini 4 Tips Mudah Cegah Munculnya Osteoporosis

Yuk Jaga Kesehatan Tulang, Berikut Ini 4 Tips Mudah Cegah Munculnya Osteoporosis

Sigijateng.id – Di saat kepadatan tulang menurun, maka seseorang akan mengalami peningkatan risiko patah tulang dan cedera lain. Hal itu disebut sebagai Osteoporosis yang merupakan salah satu masalah menurunnya kepadatan dan kualitas pada tulang.

Namun jika seseorang sudah terlanjur mengalami masalah tersebut, maka tidak ada penyembuhan yang bisa mengatasinya. Dan untungnya hal itu bisa dicegah dengan sejumlah cara.

Terdapat sejumlah faktor yang bisa menyebabkan munculnya hal ini seperti genetik, usia, dan jenis kelamin. Sejumlah hal juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami osteoporosis ini.

Tulang seseorang mengalami perubahan terus menerus dan berada pada kondisi maksimal sekitar usia dua puluhan. Seiring orang itu menua, tulang bakal menua dan sel tulang baru menyimpan osteoid untuk menggantinya.

Bagi seseorang yang memiliki osteoporosis, perapuhan yang terjadi di tulang tidak bisa memadai pembentukan tulang baru. Hal ini membuat tulang menjadi rapuh dan rentan cedera.

Terdapat sejumlah hal yang bisa mencegah kondisi ini. Sebagaimana dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah cara untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

Perbanyak Olahraga Bisa Memperkuat Tulang

Seiring otot menguat dan lemak memudar, tulang juga menjadi lebih kuat dengan melakukan olahraga. Sejumlah olahraga terutama yang berada dalam kondisi melawan gravitasi bisa membantu terbentuknya tulang baru. Beberapa olahraga yang bermanfaat adalah aerobik, naik tangga, olahraga raket, berlari, serta olahraga peningkat kekuatan.

Konsumsi Banyak Makanan Yang Kaya Kalsium dan Vitamin D

Kurangnya kalsium serta vitamin D merupakan penyebab utama terjadinya osteoporosis. Vitamin D bisa membantu menyerap lebih banyak kalsium dalam tubuh. Tulang terdiri dari kalsium sehingga rendahnya jumlah nutrisi ini bisa membuat tulang menjadi lemah.

Untuk mendapat cukup vitamin D, lebih sering berjemur. Selain itu kamu bisa mendapatnya dari makanan seperti ikan, keju, dan telur. Sedangkan kalsium bisa kamu peroleh dari produk olahan susu rendah lemak, sayuran berwarna hijau gelap, sereal, dan susu.

Merokok bisa mencegah hormon estrogen bekerja dengan optimal sehingga risiko perapuhan dan patah tulang meningkat. Soda dan minuman berkarbonasi memiliki fosfor berlebih yang mencegah tubuh menyerap kalsium sehingga bisa menyebabkan perapuhan tulang.

Pada seseorang dengan riwayat keluarga yang memiliki osteoporosis, sangat penting untuk kerap melakukan tes kepadatan tulang. Hal ini bisa membantu untuk mengetahui risiko dan mencegah kondisi yang bakal terjadi di masa mendatang.

Sejumlah cara tersebut bisa membantu kamu mencegah terjadinya osteoporosis dalam dirimu. Mencegah tentu jauh lebih baik dibanding mengobati sehingga hal ini sangat penting untuk dilakukan. (Red)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini