Yuk Buruan Merapat Duda Perjaka! 4 Daerah di Jawa Tengah Ini Adalah Penghasil Janda Muda Terbanyak Loh

Ilustrasi – Foto : pixabay.com

Semarang (Sigijateng.id) – Provinsi Jawa Tengah merupakan daerah dengan jumlah penduduk terbanyak ketiga di Indonesia setelah Jawa Barat dan Jawa Timur. Padatnya jumlah penduduk di Jawa Tengah turut menyumbang tingginya angka perceraian.

Setidaknya terdapat 4 kabupaten penghasil janda muda terbanyak di Jawa Tengah. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sebanyak 75.509 kasus perceraian terjadi di Jawa Tengah sepanjang tahun 2021.

Happy Asian Young Female lying on bed talking on phone

Maka tidak heran jika lumayan banyak angka janda muda korban perceraian di wilayah ini. Berikut ini 4 kabupaten penghasil janda muda terbanyak di Jawa Tengah.

  1. Kabupaten Cilacap

Pada 2021, Cilacap menjadi kabupaten dengan angka perceraian paling tinggi di Jawa Tengah. Adapun sejumlah faktor yang menyebabkan tingginya angka perceraian di Kabupaten Cilacap, yaitu pertengkaran dengan 2.420 kasus, permasalahan ekonomi 2.035 kasus, meninggalkan sebanyak 1.410 kasus, dan beberapa faktor lain.

  1. Kabupaten Banyumas

Kabupaten Banyumas menempati posisi kedua dengan kota penghasil janda terbanyak di Jawa Tengah. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), di Kabupaten Banyumas terdapat 4.574 kasus perceraian di tahun 2021.

Faktor penyebab terbanyak ada pada masalah ekonomi dengan 2.383 kasus, pertengkaran 1.375 kasus, meninggalkan 731 kasus, dan sisanya dari faktor lain-lain.

  1. Kabupaten Brebes

Kota penghasil bawang merah ini rupanya memiliki kasus perceraian terbanyak nomor tiga sepanjang tahun 2021. BPS mencatat ada 4.554 kasus perceraian yang terjadi di Kabupaten Brebes.

Sejumlah faktor yang menjadi penyebabnya adalah permasalahan ekonomi yang menyumbang 3.444 kasus perceraian, pertengkaran 1.080 kasus, meninggalkan 28 kasus, dan faktor lainnya.

  1. Kabupaten Pemalang

Kabupaten Pemalang menempati posisi terakhir sebagai kota penghasil janda terbanyak di Jawa Tengah. Kota ini memiliki jumlah perceraian sebanyak 3.710 kasus selama 2021.

Data dari BPS mencatatkan sebanyak 1.812 kasus terjadi karena masalah ekonomi, 1.431 karena pertengkaran, serta jumlah lain didasarkan pada faktor lain-lain. Demikian 4 kabupaten penghasil janda muda terbanyak di Jawa Tengah. (Red)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here