Yuk! Belajar Mengikuti Urutan Zikir yang Baik dan Benar Setelah Salat Sesuai Sunnah

Ilustrasi - Foto : unsplash

SIGIJATENG.ID – Seorang muslim setiap selesai melaksanakan salat wajib dianjurkan untuk membaca zikir. Manfaat zikir yang dibaca setelah salat diantaranya ialah untuk menenangkan hati kaum muslimin dan sebagai pengantar sebelum ia memanjatkan doa kepada Allah. Berikut ini urutan zikir setelah salat sesuai dengan yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad saw,

Pertama, astaghfirullah 3 kali.

أَسْتَغْفِرُ اللهَ

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah dan bertobat kepada-Nya.”

Kedua, membaca اَللّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَـارَكْتَ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَام “allahumma antas salam wa minkas salam tabarokta yaa dzal jalali wal ikram.” “Ya Allah, Engkaulah Pemberi keselamatan, dan dari-Mu keselamatan. Mahasuci Engkau, wahai Pemilik keagungan dan kemuliaan.” (HR. Muslim no. 591)

Umat Muslim diperintahkan untuk selalu membasahi mulutnya dengan berdzikir. Salah satu dzikir yang selalu dibaca Rasulullah SAW setelah menyelesailan shalat wajib adalah allahumma antassalam waminkassalam tabarakta ya dzaljalali wal ikram.

Hal ini didasarkan sebuah hadits dari Tsauban Radhiyallahu anhu, dia berkata, “Jika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam selesai shalat, beliau beristighfar tiga kali dan mengucap:

Zikir di atas merupakan keyakinan dalam batin bahwa Allah SWT satu-satunya yang berhak menyandang as-salam. Sementara itu, manusia adalah makhluk lemah yang kadang sering tak berdaya menghadapi orang-orang yang berbuat jahat dalam kehidupan sehari-hari. Dzikir tersebut dapat menuntun manusia pada ketenangan serta kemantapan hari dalam menjalani kehidupan.

Ketiga, anda dapat membaca اَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ ُ

“laa ilaha illalah wahdahu laa syarika lah lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ala kulli syain qadir”

Artinya: “Tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagiNya. Bagi-Nya kerajaan dan segala pujian. Dia-lah yang berkuasa atas segala sesuatu.”

Membaca kalimat lailahaillallah wahdahula syarikalah sebanyak 10 kali di pagi dan sore hari, maka Allah akan mencatat baginya 10 kebaikan, menghapuskan baginya 10 kesalahan, mendapat pahala semisal memerdekakan 10 budak, Allah melindunginya dari gangguan setan dan jin. Manfaat ini sesuai dengan hadis riwayat An-Nasai bahwa manusia yang membacanya akan terjaga dari gangguan setan selama seharian, amalan untuk menghapus dosa-dosa, dilimpahi kasih sayang Allah SWT, tercatata sebagai calon penghuni surga dan memberikan ketenangan dan kedamaian pada jiwa.

Keempat, membaca subhanallah 33 kali, alhamdulillah 33 kali dan allahu akbar 33 kali.

سُبْحَانَ اللهِ

الْحَمْدُلِلهِ

اللهُ اَكْبَرُ

Dari dzikir tasbih ini, kita mengakui bahwa Allah suci dari segala keburukan, suci dari segala kejelekan. Lalu Allah itu bukan hanya besar (kabiir), melainkan Maha Besar (Akbar).

Kelima, membaca ayat kursi. Barang siapa membaca ayat kursi setelah selesai salat, maka tidak akan ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian. (HR. An-Nasai dinilai sahih oleh Syaikh al-Abani)

Keenam, membaca surah Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas. Shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan kepadaku untuk membaca muaawwaidzaar di akhir salat (sesudah salam) (HR. An Nasai no. 1336) Setelah semua zikir dibaca lanjutkan dengan berdoa sesuai keinginan. (akhida)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini