Yuk! Atasi Rambut Lepek dengan Tips Berikut Ini

Ilustrasi - Atasi Rambut Lepek dengan Tips Berikut Ini. Foto : instagram shota3156

SIGIJATENG.ID – Rambut pendek cenderung mudah lepek daripada rambut panjang. Namun sebenarnya ada banyak alasan mengapa orang memilih untuk memiliki rambut pendek daripada membiarkannya tumbuh panjang.

Selain perawatannya lebih mudah dan ringkas, rambut pendek juga tidak bikin gerah seperti rambut panjang. Namun, bukan berarti rambut pendek bebas dari masalah sama sekali. Bila tidak dirawat dengan baik, keringat dan minyak berlebih dari kulit kepala bisa membuat rambut pendek menjadi mudah lepek.

Rawat rambut pendek anda dengan tips berikut ini :

1.Gunakan Sampo Penambah Volume

Langkah pertama yang penting untuk merawat rambut pendek agar tidak mudah lepek adalah memilih sampo yang tepat. Pilihlah sampo dengan keterangan penambah volume (volumizing) bila anda memiliki jenis rambut yang cenderung berminyak atau mudah lepek. Jenis sampo ini dirancang khusus untuk mengontrol minyak berlebih dan membuat rambut anda lebih mengembang.

2.Hindari Mengaplikasikan Kondisioner ke Kulit Kepala

Selain menggunakan sampo yang tepat, melembabkan rambut pendek dengan kondisioner juga penting sebagai perawatan dasar rambut agar tidak mudah lepek. Hindari menggunakan kondisioner dari kulit kepala, karena akan membuat rambut anda terlihat berminyak dan lepek dalam beberapa jam. Sebaliknya, gunakanlah kondisioner dari pertengahan sampai ujung rambut setiap kali habis keramas.

3.Jangan Menggunakan Produk Penata Rambut Terlalu Banyak

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan banyak orang saat mencoba mengatasi rambut lepek adalah dengan menggunakan terlalu banyak produk. Anda mungkin tergoda untuk menyemprotkan banyak mousse dan hair spray untuk menambah volume rambut.

Namun, rambut pendek tidak memerlukan produk styling sebanyak rambut panjang. Selain itu, penggunaan produk penata rambut yang terlalu banyak hanya akan menumpuk dan membebani rambut pendek anda, sehingga malah membuatnya terlihat lepek.

Tidak masalah bila anda ingin mengenakan produk penataan rambut untuk membuat rambut pendek anda lebih mengembang dan berisi, tapi cukup gunakan mousse dan hair ole selebar kuku saja ya.

4.Biarkan Rambut Kering secara Alami

Satu lagi keuntungan memiliki rambut pendek, yaitu mudah dikeringkan. Jadi, sebenarnya rambut pendek tidak perlu dikeringkan dengan menggunakan hair dryer, apalagi bila rambut anda mudah berminyak. Jenis rambut berminyak biasanya cenderung rapuh, jadi semakin sedikit rambut dikeringkan dengan hair dryer semakin baik. 

Jadi, agar rambut pendek anda tidak mudah lepek, biarkan rambut kering secara alami atau menggunakan hair-dryer (alat pengering rambut tanpa pemanas). Bila anda ingin menggunakan hair dryer, pastikan anda mengaturnya dengan panas yang rendah.

5.Jangan Sering-sering Menyisir Rambut

Rambut pendek juga tidak perlu disisir sesering rambut panjang. Selain itu, alih-alih menggunakan sisir, sebaiknya sisirlah rambut pendek anda dengan menggunakan jari.

Sapphire Lewis dari Bleach London mengungkapkan bahwa menyisir rambut pendek dengan menggunakan jari sudah cukup untuk membentuk dan menatanya. Untuk menata rambut pendek menjadi terlihat lebih mengembang dan berisi, anda bisa menggunakan jari untuk mengangkat rambut atau mengembangkannya.

Namun ingat, hindari sering-sering menyentuh atau memperbaiki rambut pendek anda saat beraktivitas. Pasalnya, tangan anda mungkin sudah terkontaminasi oleh bakteri tanpa anda sadari dan sering menyentuh rambut tidak hanya bisa membuat rambut mudah berminyak tapi juga kotor.

Tetap sediakan sisir di dalam tas anda agar anda bisa menggunakannya untuk menyisir rambut daripada menggunakan jari-jari. (akhida)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini