Yoyok Sukawi Dorong Pesepakbola Indonesia Main di Luar Negeri

Anggota Komisi X DPR RI, A.S. Sukawijaya ( foto dok yoyok sukawi)

JAKARTA (sigijateng.id) – Anggota Komisi X DPR RI, Yoyok Sukawi menyoroti performa Timnas Indonesia ketika melakukan uji tanding melawan Timor Leste dalam FIFA Matchday di Bali, Kamis (27/1) dan Minggu (30/1).

Walaupun menang telak atas Timor Leste, banyak pihak menilai permainan Timnas Indonesia dianggap sedikit menurun dibandingkan pada Piala AFF 2020 silam.

“Kemarin Indonesia memang menang atas Timor Leste dengan skor telak, namun permainan sedikit berbeda. Mungkin salah satunya pemain-pemain Indonesia yang main di luar negeri tidak bermain pada FIFA Matchday kemarin,” ujar Yoyok Sukawi di Jakarta, Senin (31/1).

“Dengan melihat kondisi seperti itu, sudah seharusnya pemain-pemain Indonesia berani keluar dari zona nyaman untuk main di luar negeri seperti yang sudah dilakukan Witan, Egy, dan Asnawi. Mereka harus dicontoh oleh pemain lainnya. Ini demi Timnas Indonesia kedepan,” sambungnya.

Yoyok Sukawi juga mengatakan, kedepannya di Komisi X akan intens berkomunikasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia untuk membantu pemain-pemain Indonesia berkarir di luar negeri.

“Di Komisi X sendiri kedepannya akan mendorong Kemenpora untuk membantu atau mencarikan jalan kepada pemain-pemain Indonesia yang memiliki potensi untuk bermain di luar negeri,” ungkap anggota Fraksi Partai Demokrat ini.

Saat disinggung mengenai klub yang dikelola yakni PSIS Semarang, Yoyok Sukawi juga mengatakan bahwa ia sebagai CEO klub juga akan mempersilakan pemainnya untuk berkarir di luar negeri dan tidak akan mempersulit.

“Kalau kapasitas di klub, PSIS tak akan mempersulit bagi pemain yang akan berkarir di luar negeri. Kebetulan kami memiliki Arhan dan Dewangga. Yang penting mereka main di liga dengan grade di atas Liga 1 seperti Liga Jepang, Liga Korea Selatan, atau bermain di Eropa,” pungkas Yoyok Sukawi.

Seperti diketahui, timnas PSSI sukses mengalahkan Timur Leste dengan skor 4-1 dan 3-0 dalam uji coba kemarin. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini