Yoyok Sukawi Calon Tunggal, KBP Asprov PSSI Jateng Tolak Banding Alwin Basri dan Aam Ichwan

Yoyok Sukawi, Plt Ketua Asprov PSSI Jateng. ( foto dok sigijateng.id)

SEMARANG (Sigijateng.id) –  Yoyok Sukawi yang kini menjadi Plt Ketua Asprov PSSI Jateng dipastikan menjadi calon tunggal dalam Kongres Biasa Pemilihan Asprov PSSI Jateng akan digelar 28 Januari 2022 di Semarang.

Sebab, Komite Banding Pemilihan (KBP) Asprov PSSI Jawa Tengah (Jateng) menolak banding dua bakal calon yakni Aam Ichwan dan Alwin Basri. Sebelumnya, Alwin Basri mendaftar sebagai bakal calon ketua dan Aam Ichwan sebagai anggota Komite Eksekutif Asprov PSSI Jateng.

Penolakan tersebut disampaikan Wakil Ketua KBP Asprov PSSI Jateng, M Syaefudin dan anggota KBP, Kholid Muktiyono di kantor Asprov PSSI Jateng kompleks Stadion Citarum, Semarang, Kamis (13/1/2022) petang.

Syaefudin mengatakan keputusan menolak banding dua calon tersebut setelah dilakukan musyawarah yang dilakukan Komite Asprov PSSI Jateng.

“Selaku Komite Banding Pemilihan telah melakukan keputusan menolak dua calon yang sudah mengajukan banding oleh komisi Banding. Hasil ini karena setelah dilakukan musyawarah anggota pada hari ini Kamis 13 Januari 2022,” kata Syaefudin.

Syaefudin menjelaskan, Alwin Basri ada cacat administrasi dalam berkas pendaftaran. Atas hal ini, Komite  Pemilihan mendiskualifikasi dan tidak bisa banding.

“Pak Alwin Basri sudah tidak dapat mengajukan banding karena pada keputusan Komite Pemilihan(KP) diputuskan tidak dapat mengajukan banding. Sedangkan Aam Ihwan tidak dapat diterima karena masih berurusan dengan komisi disiplin dengan kaitan belum membayar denda Komdis Rp30 juta,” jelasnya.

Adapun Banding Aam Ihwan ditolak oleh Komite Banding Pemilihan karena sudah tertera pada pasal 9 ayat 9 keputusan dari Komite Banding bersifat final dan mengikat.

Dengan ditolaknya dua nama tersebut, calon sementara anggota Exco ada 23 nama kandidat Komite Eksekutif Asprov PSSI Jateng. Syaefudin menyampaikan, pada 18 Januari 2022 akan disampaikan penentuan atau pengumuman oleh komite pemilihan dan komite banding pemilihan (KBP).

Sementara itu, Kongres Asprov Jawa Tengah dilakukan di Semarang pada 28 Januari 2022.

Diberitakan sebelumnya, jumlah insan sepak bola di Jateng yang mencalonkan diri menjadi Komite Eksekutif (Exco) Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jateng sebanyak 25 orang. Pendaftaran ditutup tanggal 30 Desember.  

Dari jumlah itu, 2 orang mencalokan diri sebagai ketua, 2 orang sebagai wakil ketua dan 21 orang lainnya sebagai anggota Exco Asprov PSSI Jateng.

Kemudian, pada 5 Januari, Komite Pemilihan (KP) Asprov PSSI yang bertugas melakukan melakukan verifikasi dan mengumumkan calon sementara, menyatakan ada dua nama bakal calon yang tidak lolos yakni Alwin Basri, yang mencalonkan diri sebagai ketua dan Aam Ihwan mencalokan diri sebagai bakal calon anggota.

Melihat data yang disampaikan KP, maka saat ini untuk calon ketua Exco hanya satu nama, yakni Yoyok Sukawi, sekarang Plt Ketua Asprov PSSI Jateng .  Sedangkan posisi calon Wakil  Ketua Exco ada dua nama yaitu Edi Suyadi dn Kairul Anwar.

BACA JUGA: Alwin Basri Tidak Lolos, Komite Pemilihan Umumkan Calon Sementara Anggota Exco Asprov PSSI Jateng

Sedangkan calon anggota Eexco  ada 20 nama yakni Walikota Tegal Dedi Yon Supriyono, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Joni Kurnianto (DPRD Pati), Danur Rispriyanto (DPRD Kota Semarang), Danang Aji Saputra (DPRD Batang) dan Heri Fitriansyah (DPRD Brebes).

Lalu, Fathoni (Brebes), Agung Waskito (Blora), Suyatno (Semarang), Yani Raharja (Salatiga), Arya Surendra (Surakarta), Sukardiono (Magelang), Bambang Tujiatno (Cilacap), Indartono (Semarang).

Lalu Sutarno (Banyumas), Paulus Haryoto (Surakarta), Hadi Suroso (Kab. Semarang), Ardhana (Klaten), Nurwibowo (Grobogan) dan pendaftar terakhir adalah Much Maretan dari Pekalongan.

“Anggota KP menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, untuk suksesnya Kongres Pemilihan Asprov PSSI Jateng 28 Januari 2022 nanti,” tegas Sutrisno. (aris)

Berita Terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here